alexametrics

7 Provinsi yang Dilanda Banjir Besar pada 2019

loading...
7 Provinsi yang Dilanda Banjir Besar pada 2019
Banjir menerjang sejumlah provinsi di Indonesia mulai awal tahun hingga pertengahan tahun 2019. Banjir tersebut selain mengakibatkan banyaknya korban jiwa juga meluluhlantakan pemukiman, fasilitas pendidikan dan fasilitas umum. Foto banjir Konawe/Dok SIND
A+ A-
KONAWE - Banjir menerjang sejumlah provinsi di Indonesia mulai awal tahun hingga pertengahan tahun 2019. Banjir tersebut selain mengakibatkan banyaknya korban jiwa juga meluluhlantakan pemukiman, fasilitas pendidikan dan fasilitas umum. Redaksi SINDOnews merangkum ada tujuh provinsi yang dilanda banjir besar pada tahun 2019 ini yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa dan besarnya kerusakan yang ditimbulkan.

1. Sulawesi Selatan
Banjir yang melanda sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan terjadi pada akhir bulan Januari 2019. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 79 orang meninggal, 1 orang hilang, 48 orang luka-luka, dan 6.757 orang mengungsi akibat banjir, longsor dan puting beliung di Sulawesi Selatan (Sulsel) hingga Kamis, 31 Januari 2019.

Sedikitnya 106 desa terdampak bencana yang tersebar di 61 kecamatan di 13 kabupaten/kota yaitu Jeneponto, Maros, Gowa, Kota Makassar, Soppeng, Wajo, Barru, Pangkep, Sidrap , Bantaeng, Takalar, Selayar, dan Sinjai. Kerusakan sarana fisik antara lain 10 jembatan, 16,2 km jalan, 2 pasar, 12 unit fasilitas peribadatan, 6 fasilitas pemerintah, dan 22 unit sekolah.



2. Jawa Tengah
Banjir yang menerjang sejumlah daerah di Jawa Tengah terjadi juga di akhir bulan Januari 2019. Dimana banjir mulai menerjang ribuan rumah di sembilan kelurahan di Kabupaten Batang pada Minggu, 27 Januari 2019. Banjir ini juga menyebabkan sekitar 6.000 warga mengungsi dan 11 perjalanan kereta api (KA) terganggu. Di waktu yang bersamaan banjir juga menerjang lima kelurahan di Kota Kendal, Jawa Tengah, yakni Kebondalem, Pegulon, Pekauman, Ngilir, dan Bandengan.
Selain itu wilayah Kota Pekalongan juga dilanda banjir pada Minggu, 27 Januari 2019 dimana Kecamatan Pekalongan Utara dan Kecamatan Pekalongan Barat merupakan daerah terdampak yang paling parah akibat bencana tersebut.

3. Jawa Barat
Sejumlah daerah di Provinsi Jawa Barat juga diterjang banjir pada akhir Januari 2019 dimana sekitar 150 hektare lahan sawah dan tambak milik warga Desa Tambak Sumur, Kecamatan Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat diterjang banjir. Sementara di Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung diterjang banjir bandang pada Sabtu malam 9 Februari 2019 yang mengakibatkan tiga korban tewas. Banjir bandang juga melanda tiga kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (21/3/2019) diwaktu yang bersamaan banjir juga menerjang lima kecamatan di Indramayu.

4. Jambi
Daerah di Sumatera ini juga diterjang banjir pada akhir Februari 2019. Dimana banjir menerjang Kabupaten Sarolangun, Merangin, Kerinci dan Kota Sungai Penuh. Selain merendam ribuan rumah, banjir juga menyebabkan Jalan Lintas Bangko-Kerinci, Desa Sungai Jering, Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin terendam.

5. Jawa Timur
Provinsi Jawa Timur adalah daerah di Jawa yang paling banyak diterjang bencana banjir pada awal Maret 2019. Dimana 15 kabupaten/kota diterjang banjir dalam waktu yang hampir bersamaan. Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur dalam dua hari terakhir Rabu malam (6/3/2019) hingga Kamis (7/3/2019).
Banjir yang terparah menerjang wilayah Madiun dimana sedikitnya 4.317 KK atau sebanyak 17.268 jiwa dari 39 desa terdampak banjir. Tak hanya itu, akibat bencana ini dua rumah warga juga rusak, 253 hektare (Ha) sawah terendam, serta tanggul, jembatan dan fasilitas umum lainnya ikut terdampak. Banjir juga menggenangi Jalur Tol Ngawi Kertosono di Madiun, Jawa Timur salah satunya di sekitar SS Madiun (KM 600+000 sd 600+600 B).
Banjir di 15 kabupaten tersebut terjadi dalam waktu hampir bersamaan. Selain karena curah hujan yang tinggi, bencana ini diakibatkan luapan air sungai di beberapa wilayah. Selain itu banjir melanda Kabupaten Nganjuk; Kabupaten Ngawi; Kabupaten Magetan; Kabupaten Sidoarjo; Kabupaten Kediri; Kabupaten Bojonegoro; Kabupaten Probolinggo; Kabupaten Gresik; Kabupaten Tuban; Kabupaten Pacitan; Kabupaten Trenggalek; Kabupaten Ponorogo; Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Blitar
6. Papua
Banjir bandang di Sentani Kabupaten Jayapura, Papua yang terjadi pertengahan Maret 2019 menyebabkan 104 korban jiwa hingga Rabu (20/3/2019). Dimana 97 orang korban di Kabupaten Jayapura, dan 7 orang korban di Kota Jayapura. Data dari BNPB tercatat 9.691 orang mengungsi yang tersebar di 18 titik pengungsi. Kerusakan bangunan, terdapat 375 rumah rusak berat, 5 unit ibadah rusak berat, 8 sekolah rusak berat, 104 unit ruko rusak berat, 4 jembatan rusak berat, dan 4 ruas jalan rusak berat.

7. Sulawesi Tenggara
Sementara di Provinsi Sultra banjir ekstrim melanda Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Konawe Selatan, Kolaka Timur. Banjir terparah terjadi di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara. Tercatat sekitar 5.847 KK atau 22.573 jiwa menjadi korban terdampak banjir yang terjadi di Konawe. Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang mengguyur Kabupaten Konawe.
Hujan menyebabkan debit air di Sungai Konaweeha dan Sungai Lahambuti serta Sungai Rawa Aopa meningkat pada akhirnya mengakibatkan banjir. Sementara Hingga Jumat malam (14/6/2019) ini tercatat 2.926 pengungsi di Konawe Utara yang sudah menjalani pemeriksaan medis akibat gangguan kesehatan.
(sms)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak