Warga Deliserdang Gempar, Ada Mortir Tertanam di Sungai

Minggu, 23 Agustus 2020 - 16:33 WIB
loading...
Warga Deliserdang Gempar, Ada Mortir Tertanam di Sungai
Personel Polsek Percut Seituan, dan Subden Jibom Sat Brimobda Polda Sumut, mengamankan area penemuan mortir di Sungai Sei Rotan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Foto/SINDOnews/Sartana Nasution
A A A
DELISERDANG - Satu mortir yang diduga peninggalan Perang Dunia (PD) II, ditemukan Muliono di Sungai Sei Rotan, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang.

(Baca juga: Terekam CCTV, Pelaku Curanmor Gasak Motor Matic di Palembang )

Setelah menemukan mortir yang kondisinya sudah berlumut tersebut, Muliono berinisiatif sendiri dengan membawanya pulang ke rumahnya di Jalan Medan Batang Kuis, Gg. Perbatasan, Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan. Sebab, ia tidak mengetahui benda tersebut dapat membahayakan.

Atas penemuan mortir itu, personel Polsek Percut Seituan bersama dengan Subden Penjinak Bom (Jibom) Sat Brimobda Polda Sumut, langsung mengamankan bahan peledak yang diduga masih aktif tersebut.

Kapolsek Percut Seituan, AKP Ricky Prawira Atmaja dalam keterangan tertulisnya mengatakan, mortir itu pertama kali ditemukan oleh Muliono di Sungai Sei Rotan, Minggu (16/08/2020) lalu. Muliono juga membawa mortir itu pulang ke rumahnya.

Namun enam hari kemudian, Muliono membawa mortir tersebut ke rumah uwaknya yang bernama Atok, Sabtu (22/08/2020), sekitar pukul 03.00 WIB. (Baca juga: Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Sumatera Barat Melonjak )

"Begitu Atok mengetahui kalau mortir yang dibawa oleh keponakannya itu berbahaya, kemudian iapun menghubungi petugas Babinkamtibmas setempat," kata Ricky Prawira Atmaja, Minggu (23/08/2020).

Dia mengatakan, tidak lama kemudian personel Polsek Percut Seituan dan Subden Jibom Sat Brimobda Polda Sumut langsung melakukan pengamanan TKP tersebut. "Mortirnya telah diamankan oleh personel Subden Jibom ke Mako Brimobda Polda Sumut," tandasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)