Gempa Berkekuatan 6,2 Magnitudo Guncang Kabupaten Sarmi, Papua

Kamis, 20 Juni 2019 - 09:58 WIB
Gempa Berkekuatan 6,2 Magnitudo Guncang Kabupaten Sarmi, Papua
Gempa Berkekuatan 6,2 Magnitudo Guncang Kabupaten Sarmi, Papua
A A A
SARMI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat mengeluarkan rilis terbaru, terkait gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Sarmi, Papua, pada hari Kamis (20/6/2019) pukul 00.24.51 WIB atau pukul 02.25.53 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 6,3 magnitudo selanjutnya dimutakhirkan menjadi 6,2 magnitudo.

Menurut Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, episenter gempa terletak pada koordinat 2,23 LS dan 138,53 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 45 km arah barat daya Kota Sarmi, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua, pada kedalaman 11 km.

"Hasil analisis menunjukkan gempa bumi di wilayah Kabupaten Sarmi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sistem Sesar Mamberamo, tepatnya di sebelah Timur Laut Sarmi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust)," jelasnya.

Menurut Triyono, guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Sarmi III-IV MMI, Sentani II-III MMI, Wamena I-II MMI. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Hingga pukul 00.43 WIB, hasil monitoring BMKG menurut Triyono menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan 4,9 magnitudo. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar. "Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi ," tegas Triyono.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6756 seconds (0.1#10.140)