Cetak Wirausaha Pertanian, Kementan Sosialisasikan Program Pendampingan Petani Muda

Selasa, 09 Juli 2024 - 10:51 WIB
loading...
Cetak Wirausaha Pertanian,...
Sebab, dalam upaya mendukung keberlanjutan usaha alumninya, SMK-PP Negeri Banjarbaru mendirikan Inkubator Bisnis melalui YESS Kementan. Foto/Istimewa
A A A
BANJARBARU - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menekankan tentang kualitas SDM Pertanian yang unggul, sebab dengan begitu dapat memacu target produksi dan produktivitas yang diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor dan meningkatkan ekspor.

Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa fokus Kementerian Pertanian (Kementan) adalah menyiapkan sumber daya manusia pertanian sebagai pelaku pembangunan pertanian.

“Salah satu fokus BPPSDMP adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, berdaya saing, serta berjiwa entrepreneur.” kata Dedi dalam keterangannya, Selasa (9/7/2024).



Dedi menekankan hal tersebut mengingat pentingnya SDM dalam pembangunan pertanian, terlebih pertanian terbukti berhasil menjadi penyangga perekonomian negara. Sehingga, perlu menyiapkan SDM pertanian dimulai sejak di bangku sekolah.

Melalui arahan di atas BPPSDMP mencetuskan Program Inkubator Bisnis. Program ini merupakan upaya Kementan dalam menyiapkan SDM pertanian yang unggul yang menggeluti pertaniannya bukan hanya pada proses budidaya namun juga berorientasi bisnis.

Sebab, dalam upaya mendukung keberlanjutan usaha alumninya, SMK-PP Negeri Banjarbaru mendirikan Inkubator Bisnis melalui program Youth Enterpreneurship And Employment Support Services (YESS) Kementan.



Melalui hal di atas, SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan dalam Program YESS, kembali membuka rekruitmen tenant Inkubator Bisnis (IB) untuk 2024.

Maka, proses seleksi calon wirausaha muda bidang pertanian, ini diawali dengan sosialisasi bagi calon tenant Inkubator Bisnis yang sebelumnya sudah mendaftar. Sosialisasi ini digelar di Aula Kampus SMK-PP Negeri Banjarbaru, Jumat (5/7/2024).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1402 seconds (0.1#10.140)