90 Tahun Lebih Tradisi Iwadh di Kampung Arab Manado

Kamis, 06 Juni 2019 - 15:54 WIB
90 Tahun Lebih Tradisi Iwadh di Kampung Arab Manado
90 Tahun Lebih Tradisi Iwadh di Kampung Arab Manado
A A A
MANADO - Di Kampung Arab di Manado ada satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat yang sudah berlangsung sejak lama yaitu tradisi Iwadh. Selama kurang lebih 90 tahun tradisi Iwadh di Kampung Arab atau Kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) masih dipertahankan hingga kini.

“Tradisi Iwadh merupakan silaturahmi dari rumah ke rumah dengan tujuan untuk saling memaafkan serta dengan iringan doa,” kata Ketua PN Manado Lukman Bachmid, Kamis (6/6/2019). Kegiatannya dilaksanakan pada hari kedua setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri. Inti dari tradisi Iwadh yaitu pembacaan doa pada setiap rumah oleh imam masjid dan jamaah.

Kegiatan ini merupakan ajang silaturrahmi bagi masyarakat keturunan Arab yang ada di Manado maupun yang berada di perantauan (yang pernah tinggal di Kampung Arab-red). Kapolresta Manado Kombes Pol. Benny Bawensel mewakili Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid Tri Hardjanto tampak menghadiri tradisi Iwadh di Kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Kota Manado, Kamis (06/06/2019).

Tutut hadir juga dalam acara tersebut yaitu Ketua MUI Sulut KH. Abdul Wahab Abdul Gafur, Ketua MUI Kota Manado Ustad H. Mashar Kinontoaan, Anggota DPD RI Ir. H. Djafar Alkatiri, Sekretaris Daerah Boltim Ir. Achmad Assagaf serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. Kapolresta Manado dalam sambutannya mengatakan Iwadh merupakan salah satu cerminan kerukunan dan kebersamaan umat beragama di Sulawesi Utara khusunya di Kota Manado.

“Marilah kita melestarikan budaya ini, kita jaga bersama dan dipertahankan, karena ini merupakan salah satu cerminan kerukunan dan kebersamaan umat beragama di Sulut khususnya Kota Manado,” ujarnya.

Menurutnya, Kepolisian siap mengamankan setiap kegiatan keagamaan maupun kegiatan masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan silahturahmi di tiap-tiap rumah dari masyarakat yang berada di kelurahan Istiqlal.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5288 seconds (0.1#10.140)