Gairahkan UMKM Sektor Pariwisata, Bank Bukopin Ikut Salurkan KUR

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 22:53 WIB
loading...
Gairahkan UMKM Sektor Pariwisata, Bank Bukopin Ikut Salurkan KUR
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pandemi COVID-19 yang melanda lebih dari 4 bulan telah berdampak langsung pada industri pariwisata.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta penerapan phsycal distancing dalam pelaksanaan The New Normal telah membuat industri pariwisata menjadi sektor yang terdampak langsung.

Hal ini tentu saja membuat pelaku UKM pariwisata terpukul. Untuk menggairahkan kembali UKM pariwisata, KUR diharapkan menjadi pemancing bagi bergeraknya industri yang juga menjadi andalan Indonesia.

Direktur Utama Bank Bukopin, Rivan A Purwantono, mengatakan sebagai Bank yang memiliki salah satu fokus bisnis pada sektor UMKM dan Koperasi, Bank Bukopin turut serta menyalurkan KUR kepada 5 (lima) pelaku UMKM di Denpasar.

“Sebagai bagian dari transformasi, kita mendukung penuh para pelaku UMKM dengan perangkat tersebut, sejalan dengan transformasi digital yang telah kita lakukan sejak 2017," katanya.

Selain pembiayaan KUR, Bank Bukopin juga menyerahkan device kepada nasabah setia nya
yang merupakan pelaku UMKM, berupa Tablet PC dan Printer Termal.

"Penyerahan tersebut sebagai bagian dari tanggung jawab sosial Bukopin terhadap konsumen, dan bentuk dukungan Bukopin terhadap transformasi digital oleh pelaku UMKM," tegasnya.

Penyaluran ini dilakukan bersamaan dengan10 Bank ternama yang ditunjuk oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Desa Budaya Kertalangu, Bali, Sabtu (22/8/2020).

Kegiatan yang bertajuk Penyaluran KUR di sektor UMKM ini dihadiri dan dibuka oleh Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan. (Baca juga: Bos Pasar Turi Henry J Gunawan Meninggal Dunia)

Penyaluran KUR tersebut sebagai bagian dari upaya Pemerintah dalam memperkuat dan mengembangkan pelaku UMKM di sektor Pariwisata melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). (Baca juga: Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin Tutup Usia)

Sebagaimana diketahui, KUR merupakan kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum memadai.

Pelaku UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif, salah satunya Pariwisata.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)