alexametrics

Hadapi Arus Mudik, Sisi Barat Proyek Underpass Kentungan Dibuka

loading...
Hadapi Arus Mudik, Sisi Barat Proyek Underpass Kentungan Dibuka
Mulai hari ini, Rabu (29/5/2019), ruas jalan sisi barat ringroad utara (Jalan Padjajaran) perempatan Kentungan, Caturtunggal, Depok, Sleman, dibuka. SINDOnews/Priyo Setyawan
A+ A-
SLEMAN - Mulai hari ini, Rabu (29/5/2019), ruas jalan sisi barat ringroad utara (Jalan Padjajaran) perempatan Kentungan, Caturtunggal, Depok, Sleman, dibuka. Jalan yang dibuka sepanjang 88 meter dan lebarnya 18 meter untuk dua jalur ini untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas arus mudik.

Selama ini Jalan Padjajaran (Ringroad Utara) ditutup untuk proyek underpass. Namun pembukaan ini hanya sementara, yakni selama arus mudik dan balik Lebaran 1440 H, mulai 29 Mei hingga 12 Juni 2019.

Untuk itu, kendaraan roda empat dan roda dua, baik dari arah barat dan timur bisa melewati jalan itu. Sedangkan, untuk kendaraan berat, bus dan truk juga belum bisa melewatinya.



Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Underpass Kentungan Satker PJN DIY Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sidik Hidayat mengatakan, untuk progres pekerjaan baru 35%. Namun untuk jalur eksisting yang dibuat, sudah cukup kuat sehingga bisa dilalui kendaraan standard.

“Dengan dibukanya jalur ini diharapkan dapat memperlanar arus lalu lintas,” kata Sigit di sela-sela ujicoba pembukaan jalur tersebut, Rabu (29/5/2019).

Sidit menjelaskan, untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019, proyek pengerjaan underpass Kentungan juga dihentikan, terutama untuk pekerjaan besar dan memakai alat berat. Kecuali untuk pekerjaaan kecil seperti untuk penyempurnaan tetap dilakukan. “Pekerjaan underpass Kentungan akan kami laksanakan lagi h+7 atau h+10 Lebaran,” paparnya.

Kepala Satuan (Kasat) Lalu Lintas Polres Sleman AKP Faisal Pratama mengatakan, diharapkan dengan dibukanya jalur sisi barat proyek Kentungan ini dapat memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2019. Terutama mengantisipasi kepadatan arus, yang diperkirakan akan terjadi Jumat, Sabtu dan Minggu, (31 Mei-2 Juni2019).

“Untuk kelancaran arus lalu lintas di perempatan Kentungan ini, kami mendirikan pos pantau. Ada enam personel yang akan selalu berjaga mulai pukul 06.00 WIB-22.00 WIB setiap hari,” paparnya.
(wib)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak