3 Minggu Blusukan di Hutan Kawasan Ngawi, Mahasiswi Ini Dapat Beragam Ilmu

Senin, 01 Juli 2024 - 20:44 WIB
loading...
3 Minggu Blusukan di Hutan Kawasan Ngawi, Mahasiswi Ini Dapat Beragam Ilmu
Sembilan mahasiswi berbagai universitas melakukan blusukan melakukan studi lapangan selama tiga minggu di hutan kawasan Ngawi, Jawa Timur. Mereka mendapat beragam ilmu di lapangan. Foto/Ist
A A A
NGAWI - Sembilan mahasiswi berbagai universitas blusukan studi lapangan selama tiga minggu di hutan kawasan Ngawi, Jawa Timur. Mereka mendapat beragam ilmu di lapangan.

Studi lapangan tersebut merupakan salah satu pembelajaran untuk para mahasiswa yang menjalani program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka selama 5 bulan dari Pertamina Foundation.



Mereka mempelajari tentang pendekatan climate, community, dan biodiversity (CCB) melalui program nature-based solution atau solusi berbasis alam. Selain itu dikenalkan tentang penanaman skema agroforestri yang dikembangkan di Hutan Pertamina-UGM, Desa Pitu, Ngawi.

Puan Lacmi, salah satu mahasiswi peserta kegiatan ini menututkan bahwa aspek community juga dipelajari dan dipahami dengan terlibat langsung bersama masyarakat sekitar.

Dia bersama ibu-ibu kelompok pemberdayaan UMKM perempuan Desa Pitu bernama Sapta Harmoni, mengadakan pembelajaran terkait penciptaan pola membatik yang baru.

Pola membatik yang memanfaatkan daun pepaya, hingga bunga adenium sebagai tinta alami untuk produk berupa hasil kain dan baju yang unik.

Selain itu, Puan juga memahami tentang pengolahan minyak kayu putih untuk aromaterapi, beras jagung, dan produk kriya ecoprint serta turut terlibat dalam mempromosikan produk-produk unggulan tersebut di Alun-alun Ngawi.


Begitu juga dengan aspek biodiversity, mereka dibimbing oleh field representative dan dikenalkan tentang pendataan flora dan fauna sebagai upaya pelestarian serta penangkaran rusa.

Dia menyebut berkat studi lapangan ini bisa memahami bagaimana membangun kedekatan kepada para warga lokal. Selain itu mengetahui keresahan serta potensi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan kapasitas mereka serta peningkatan perekonomiannya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)
pixels