Komunitas UGM Peduli Pelopori Kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan

Sabtu, 29 Juni 2024 - 22:49 WIB
loading...
Komunitas UGM Peduli Pelopori Kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan
Komunitas UGM Peduli bersama Polda DIY menggagas hadirnya Polmas Kawasan Pendidikan di wilayah Jogja. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Komunitas UGM Peduli bersama Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggagas hadirnya Pemolisian Masyarakat (Polmas) Kawasan Pendidikan di wilayah Jogja.

Hadirnya Polmas Kawasan Pendidikan diharapkan mampu menjaga lingkungan sekitar agar tercipta suasana aman dan nyaman.

“Segala persoalan masyarakat yang muncul dalam kawasan tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan, memberi motivasi, solusi dan saling menasehati untuk mencari pemecahan masalah yang ada,” kata Kapolda DIY Irjen Suwondo Nainggolan, Sabtu (29/6/2024).



Kapolda DIY mengatakan, ketika mahasiswa menjadi peloporkegiatan Polmas Kawasan Pendidikan maka rasa saling asah dan asuh dapatditularkan ke berbagai kampus di seluruh Indonesia.

Adapun kegiatan Polmas Kawasan Pendidikan diisi dengan bersih danau, pelepasan ikan, jagongan serta Bakti Sosial di area Kampus. Dalam kesempatan itu, Kapolda DIY secara simbolis melepas ikan di danau Wisdom Park.

“Konsep dari Polmas Kawasan pendidikan, bukan untuk menjadikan Polri, namun masyarakat mampu menjadi polisi untuk dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Suwondo mengatakan, tujuan utama Polmas Kawasan Pendidikan adalah dalam rangka pencegahan adanya konflik yang lebih luas sekaligus mencari solusi. Dalam hal ini, polisi membangun budaya tertib merupakan edukasi.

“Konteks ini nguwongke manusia sebagai manusia sehingga terwujud rasa aman dan damai. Disini kehadiran polisi menegakan hukum untuk menyelesaikan konflik secara beradab,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)
pixels