Semburkan Abu 1.000 Meter, Hujan Pasir Landa Warga Lereng Gunung Lewotobi

Sabtu, 29 Juni 2024 - 07:38 WIB
loading...
Semburkan Abu 1.000 Meter, Hujan Pasir Landa Warga Lereng Gunung Lewotobi
Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi, Sabtu (29/6/2024). Foto: iNews TV/Joni Nura
A A A
FLORES TIMUR - Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali mengalami erupsi, Sabtu (29/6/2024). Kolom abu teramati dengan tinggi ± 1.000 meter di atas puncak (± 2.584 meter di atas permukaan laut).

Kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini ± 2 menit 55 detik.



Erupsi kali ini disertai hujan pasir dan abu vulkanik. Warga di sekitar kaki gunung mulai resah dan takut. “Masih hujan pasir, kami takut dan resah dengan erupsi Gunung Lewotobi,” kata Thomas (45) warga setempat.



Dia mengaku warga mulai resah dan takut karena gunung terus erupsi dan disertai abu dan pasir. Sebab, hngga saat ini, aktivitas gunung terus meningkat. Saat ini, Gunung Lewotobi Laki-Laki berada pada status Level III (Siaga).

PVMBG meminta warga untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 3 km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki dan Gunung Lewotobi Perempuan serta 4 km dalam arah barat laut, utara, dan selatan tenggara dari pusat erupsi.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3366 seconds (0.1#10.140)
pixels