Geger Ponpes UNIQ Nusantara Malang Usai Ceramah Bahasa Semut Abuya Ghufron

Jum'at, 28 Juni 2024 - 11:19 WIB
loading...
Geger Ponpes UNIQ Nusantara Malang Usai Ceramah Bahasa Semut Abuya Ghufron
Ponpes UNIQ Nusantara, Desa Pamotan, Dampit, Malang disorot usai video ceramah Abuya Ghufron yang mengaku bisa berbahasa semut dan Suryani. Foto/SINDOnews/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Pondok Pesantren (Ponpes) UNIQ di Malang, Jawa Timur disorot imbas sejumlah video viral ceramah Abuya Ghufron yang mengaku bisa berbahasa semut dan Suryani.

Selain itu, pada video potongan-potongan yang diunggah di beberapa media sosial (medsos) itu dianggap menimbulkan kontroversi dari pernyataan Abuya Mama Ghufron ketika ceramah.



SINDOnews mencoba menelusuri Ponpes UNIQ Nusantara, Dampit, Malang, yang ada pada keterangan di video itu.

Lokasi ponpes ini berada tepat di pinggir Jalan Raya Turen-Dampit, tepatnya di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.



Ponpes asuhan dari KH Abdul Ghufron Al Bantani atau yang dikenal dengan Abuya Mama Ghufron ini sekilas dari luar jalan raya layaknya ponpes lainnya.

Memasuki area pesantren, tak ada perbedaan dengan bangunan di ponpes lainnya. Namun memang sekilas ponpes ini memiliki keunikan dengan bangunan masjid yang terbuat dari konstruksi bambu.

Baca juga: Semut Ternyata Punya Media Sosial seperti Manusia

Beberapa bangunan Ponpes juga cukup ikonik dengan dibangun dengan bambu-bambu, seperti gubug, yang digunakan tempat tinggal santri dan beberapa jamaah. Di area bangunan depan dekat masjid bertuliskan dengan bahasa Sunda.

Sedangkan di bangunan kantor pesantren terdapat tulisan dengan Bahasa Suryani. Tulisan Pondok Pesantren UNIQ merupakan arti dari tulisan bahasa Suryani itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5092 seconds (0.1#10.140)
pixels