Bupati dan Ketua TP PKK Batubara Lirik Potensi Batik Ecoprint

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 09:10 WIB
loading...
Bupati dan Ketua TP PKK Batubara Lirik Potensi Batik Ecoprint
Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP bersama Ketua TP PKK Maya Indriasari meninjau proses industri perajin batik ecoprint di Desa Kalangan Trimulyo Sleman, Yogyakarta. (Foto : SINDONews/Ist)
A A A
BATUBARA - Bupati Batubara Ir.H.Zahir MAP bersama Ketua TP PKK Maya Indriasari meninjau proses industri perajin batik ecoprint di Desa Kalangan Trimulyo Sleman, Yogyakarta. Maya optimis, produksi batik kekinian ini bisa diaplikasikan sekaligus mengangkat perajin ekonomi lokal, khususnya di Batubara di tengah pandemi COVID-19.

Dalam kunjungan kali ini, Maya berdialog dan belajar langsung dengan Fitriani Kuroda selaku Direktur PT Milang Kari Persada yang mengusung Brand Rumah Celup Indonesia. Teknik batik ecoprint dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun, bunga maupun ranting pohon yang hasilnya diaplikasikan ke kain laiknya batik tulis. BACA JUGA : Sipir Rutan Ketauan Bawak Ganja

"Saya optimis industri kerajinan ini bisa disandingkan dengan batik tradisionil Batubara. Bahan-bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan, bahkan pengerjaanya begitu mudah bisa dilakukan kaum ibu-ibu dengan pendampingan PKK Batubara," kata Maya didampingi Kadisdik Ilyas Sitorus dan Kadis Perindag dan UKM, Ahmadan Coir, Jumat kemarin.

Hal ini juga dipertegas Bupati Batubara Zahir , yang mengatakan kunjungan kali ini untuk belajar membatik ecoprint yang digrandrungi kalangan remaja dan memiliki potensi pasar yang bagus. "Ini kesempatan bagi kita untuk memanfaatkan peluang usaha bagi UMKM Batubara," kata Zahir. Baca Juga: Zahir.
Melalui dinas Peringdag dan UKM, Pemkab Batubara akan membentuk kelompok perajin yang nantinya akan menggunakan teknik batik ecoprint dengan karakteristik berbasis potensi lokal. “Pelatihan dan pendampingan akan dilakukan ibu-ibu PKK Batubara dan teman-teman dari Fitriani Kuroda," jelasnya.
(zai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0053 seconds (0.1#10.140)