Polda Lampung Bongkar 4 Jaringan Besar Narkoba, 49 Tersangka Ditangkap

Kamis, 27 Juni 2024 - 19:34 WIB
loading...
Polda Lampung Bongkar 4 Jaringan Besar Narkoba, 49 Tersangka Ditangkap
Polda Lampung berhasil mengungkap empat jaringan narkoba besarsejak Januari-Mei 2024, dengan mengamankan 49 tersangka. Foto/Ira W/MPI
A A A
BANDARLAMPUNG - Polda Lampung berhasil mengungkap empat jaringanberar narkoba dalam periode Januari hingga Mei 2024, dengan mengamankan 49 tersangka. Selain itu, pihak kepolisian juga menyita barang bukti berupa 147 kilogram sabu dan 56 kilogram ganja.

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menyatakan bahwa pengungkapan ini merupakan hasil dari penyelidikan terhadap 19 kasus narkoba yang melibatkan empat jaringan berbeda, termasuk jaringan Fredy Pratama.

"Polda Lampung dan jajarannya berhasil mengungkap 19 kasus narkoba dan menangkap 49 tersangka yang berasal dari empat jaringan narkoba berbeda," ujar Helmy dalam konferensi pers di Mapolda Lampung, Kamis (27/6/2024).

Helmy menjelaskan bahwa dalam pengungkapan terkait jaringan Fredy Pratama, terdapat delapan tersangka baru yang berhasil diamankan di dua lokasi berbeda.



"Kami menangkap delapan tersangka baru ini di Pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan dan di sebuah hotel di Bandarlampung, dengan total barang bukti sebanyak 35 kilogram sabu," jelasnya.

Selain jaringan Fredy Pratama, Polda Lampung juga berhasil mengungkap tiga jaringan narkoba lainnya, yakni jaringan Aceh, jaringan Malaysia, dan jaringan Riau.

"Total dari ketiga jaringan tersebut terdapat 41 tersangka dengan barang bukti berupa 112 kilogram sabu dan 56 kilogram ganja," terang Helmy.

Kapolda menambahkan bahwa nilai ekonomis dari seluruh barang haram tersebut diperkirakan mencapai Rp 220,6 miliar. Dengan pengungkapan ini, polisi berhasil menyelamatkan sekitar 625.040 jiwa.

Seluruh barang bukti tersebut, menurut Kapolda, akan dimusnahkan dengan cara diblender dan dicampur dengan cairan pencuci, serta dibakar di Krematorium Bandarlampung.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)
pixels