Hore! Angkot di Malang Bakal Pakai AC dan Penumpang Gratis

Rabu, 26 Juni 2024 - 17:49 WIB
loading...
Hore! Angkot di Malang Bakal Pakai AC dan Penumpang Gratis
Pemerintah tengah mengkaji perubahan sistem transportasi publik di Kota Malang, Jawa Timur. Nantinya angkutan kota (Angkot) bakal pakai AC dan gratis. Foto/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Pemerintah tengah mengkaji perubahan sistem transportasi publik di Kota Malang, Jawa Timur. Selama ini transportasi publik di Kota Malang hanya mengandalkan angkutan kota (angkot) yang mulai sepi peminat.

Faktor lamanya perjalanan dengan angkot, ketidaknyamanan, hingga keamanan di dalam angkot menjadikan angkot terpinggirkan.



Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyatakan, berangkat dari sanalah akhirnya pihaknya melakukan kajian perubahan sistem transportasi publik di Kota Malang.

Pihaknya juga sudah mendapat lampu hijau dari Direktorat Jenderal Angkutan Darat Kemenhub, untuk merevolusi angkot di Kota Malang.

"Kementerian Perhubungan melalui Direktur Angkutan Darat, mendukung sepenuhnya, karena program ini juga menjadi program pemerintah pusat, untuk bisa mengubah transportasi publik," kata Wahyu Hidayat saat ditemui di Kelurahan Tasikmadu, Kota Malang, Rabu (26/6/2024).

Nantinya angkot itu akan berubah layaknya transportasi publik angkot Batik Solo Trans (BTS) di Solo dan Palembang yang selama ini sudah dijalankan.



Sistemnya pun diubah, karena sopirnya akan sepenuhnya digaji oleh pemerintah sesuai Upah Minimum Kota (UMK) Malang sebesar Rp3,3 juta.

"Pemerintah pusat setuju, dan akan membantu terkait dengan studi kelayakannya. Mereka akan men-support dan mensubsidi juga akan dibantu, sopirnya itu nanti kita yang gaji sesuai UMK," ucapnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3212 seconds (0.1#10.140)
pixels