Kedatangan Kloter Pertama Haji di Embarkasi Padang, 1 Jemaah Wafat

Senin, 24 Juni 2024 - 11:07 WIB
loading...
Kedatangan Kloter Pertama...
Kloter pertama jemaah haji embarkasi Padang tiba dengan selamat di Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 00.20 WIB, Senin dini hari. Foto/Ist
A A A
PADANG - Kloter pertama jemaah haji embarkasi Padang tiba dengan selamat di Bandara Internasional Minangkabau pada pukul 00.20 WIB, Senin dini hari (24/6/2024). Mereka tiba dengan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 Seri 300 ER nomor penerbangan GA 3401 dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Mahyudin mengungkapkan, kloter pertama ini berangkat dengan 393 jemaah, namun kembali dengan 392 jemaah.

"Satu jemaah atas nama Muslim Ismael yang berusia 50 tahun meninggal dunia," ungkapnya pada Senin (24/6/2024).

Mahyudin juga menyebutkan bahwa ada lima jemaah haji asal Sumatera Barat yang meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Mereka adalah Muslim Ismael, Retnoyami Syafei Adam, Musri Makmur Maabai, Hendriyati Bahar Mak Lasa, dan Kadiman Martomiredjo.



"Total jemaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci dari Embarkasi Padang sebanyak 6.604 orang, terdiri dari 4.837 jemaah dari Provinsi Sumatera Barat, 1.683 jemaah dari Provinsi Bengkulu, dan 84 petugas kloter," jelasnya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, menyambut kedatangan kloter pertama di Aula Asrama Haji Padang. Dalam sambutannya, ia berharap agar kualitas ibadah yang dijalani di Tanah Suci dapat membawa dampak positif bagi diri sendiri dan masyarakat setelah kembali ke kampung halaman.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, saya mengucapkan selamat datang kembali ke tanah air. Semoga bapak dan ibu menjadi haji yang mabrur, dan segala amal ibadah diterima Allah SWT," harap Gubernur.

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada petugas haji yang telah melaksanakan tugas dengan baik, mendampingi, dan memberikan pelayanan kepada jemaah haji di Tanah Suci hingga kembali ke tanah air. "Semoga semuanya menjadi nilai ibadah," ujarnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2108 seconds (0.1#10.140)