Dua Hari di DIY Diprediksikan Akan Tejadi Angin Kencang

Jum'at, 21 Agustus 2020 - 16:22 WIB
loading...
Dua Hari  di DIY  Diprediksikan Akan Tejadi Angin Kencang
Foto ilustrsi
A A A
SLEMAN - Badan Metrologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirkan di wilayah DIY Jumat-Sabtu (21-22/8/2020) akan terjadi angin kencang. Untuk itu masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaannya.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terdapat perbedaan tekanan udara tinggi di Sebelah Barat Australia (1024 mb) dengan tekanan udara rendah di Sebelah Barat Perairan Sumatera (1010 mb). (Baca: Hilang Jelang Malam 1 Suro, Pemuda di Magelang Diduga Digondol Lelembut)

Kondisi tersebut menyebabkan peningkatan kecepatan angin di wilayah DIY. “Berdasarkan kondisi itu, kami memprakirakan adanya potensi angin kencang di wilayah DIY pada tanggal 21-22 Agustus 2020,” kata Reni dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/8/2020).

Reni menjelaskan untuk daerah yang diprediksikan adanya peningkatkan kecepatan angin, wilayah: Sleman (Turi, Pakem, Cangkringan, Tempel, Sleman, Ngaglik, Ngemplak, Kalasan, Minggir, Seyegan, Godean, Mlati, Gamping, Depok, Berbah, Prambanan), Kulon Progo (Girimulyo, Nanggulan, Samigaluh, Kalibawang, Sentolo, Kokap, Pengasih), Bantul (Sedayu, Kasihan, Sewon, Pajangan, Bantul, Pleret, Piyungan, Jetis, Imogiri, Dlingo, Pandak, Bambanglipuro)

Gunungkidul (Gedangsari, Ngawen, Semin, Nglipar, Playen, Patuk, Paliyan, Semanu, Karangmojo, Tepus, Rongkop, Ponjong, Wonosari) dan di Kota Yogyakarta. “Untuk itu kami menghimbau kepada masyarakat tetap waspada terhadap angin kencang ini,” himbaunya. (Baca: 20 Jam Tenggelam di Sungai, Pemuda Magelang Ini Selamat)

Menurut Reni kewaspadaan ini penting sebab angin kecangn dengan kecepatan antara 40-49 km/jam ini dapat menyebabkan seng atap rumah beterbangan, dahan pohon patah, baliho pohon dan tiang roboh.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4101 seconds (0.1#10.140)