Mencekam! OPM Teror Distrik Bibida, Masyarakat Paniai Ngungsi ke Gereja Madi

Selasa, 18 Juni 2024 - 13:00 WIB
loading...
Mencekam! OPM Teror Distrik Bibida, Masyarakat Paniai Ngungsi ke Gereja Madi
Warga Distrik Bibida di Kabupaten Paniai, Papua Tengah terpaksa mengungsi usai kelompok OPM melakukan aksi teror kepada permukiman warga. Foto/Istimewa
A A A
PANIAI - Organisasi Papua Merdeka (OPM) terus meneror Distrik Bibida di Kabupaten Paniai setelah Aparat Keamanan (Apkam) Gabungan berhasil berebut kembali wilayah tersebut.

Diketahui, OPM telah menguasai Distrik Bibida pada tanggal 14 Juni 2024, saat apkam melakukan operasi pengejaran terhadap Kelompok OPM pimpinan Undius Kogoya yang telah menembak warga di Distrik Paniai Timur pada Selasa, 11 Juni 2024.

Komandan Satgas Media Koops Habema Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, anggota OPM terus mengganggu keamanan Distrik Bibida setelah pihaknya merebut kembali wilayah tersebut.



Akibatnya, kata Yogi, masyarakat di wilayah itu pun harus mengungsi dari wilayah Bibida ke Gereja Madi di Kabupaten Paniai menggunakan truk.

”OPM belum jera mengganggu keamanan serta situasi kondusif di wilayah Bibida. Berdasarkan pantauan Apkam, terlihat upaya-upaya OPM untuk kembali mencoba mengganggu masyarakat,” katanya kepada wartawan, Selasa (18/6/2024).



”Berdasarkan pantuan Apkam, bahwa para personel OPM yang mencoba mengganggu wilayah Bibida, menempatkan posisinya di Hutan Bibida dan sekitarnya,” sambungnya.

Permohonan pengungsian tersebut justru diminta langsung oleh masyarakat Distrik Bibida yang merasa terancam oleh keberadaan OPM. Keberadaan warga Bibida mengungsi sementara waktu ke Gereja Madi di Kabupaten Paniai.

”Hal itu menganulir pernyataan Akun Media Sosial di Facebook Haren M. Swall, bahwa masyarakat mengungsi ke Hutan Bibida. Apabila ada warga yang bergerak ke Hutan Bibida dipastikan sebagai simpatisan atau anggota OPM,” tegasnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0738 seconds (0.1#10.140)
pixels