Trenggalek Gandeng PLN Icon Plus Garap Pengembangan Energi Terbarukan

Selasa, 11 Juni 2024 - 23:32 WIB
loading...
Trenggalek Gandeng PLN...
Peningkatan pengelolaan energi terbarukan dilakukan Pemkab Trenggalek dengan menggandeng sejumlah pihak saat HUT Ke-24 APKASI di Tebing Kepuh. Foto/Ist
A A A
TRENGGALEK - Peningkatan pengelolaan energi hijau ramah lingkungan dan terbarukan sedang diupayakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, Jawa Timur dengan menggandeng sejumlah pihak.

Hal itu terungkap saat penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemkab Trenggalek dengan PLN Icon Plus terkait kerjasama yang mencakup pengembangan jaringan telekomunikasi dan energi terbarukan.



Penandatangan ditandai dengan instalasi PLTS Atap di Gedung Guest House di kompleks Pendopo Bupati Trenggalek.

Kesepakatan ini ditandatangi di sela hajatan perayaan Hari Ulang Tahun ke-24 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang berlangsung dari 7-9 Juni 2024. Acara ini dibuka dengan gala dinner meriah dan dihadiri oleh sekitar 35 bupati dari berbagai daerah, termasuk PLN Icon Plus yang menjadi salah satu tamu undangan istimewa.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin yang akrab disapa Mas Ipin menegaskan bahwa kegiatan awal HUT APKASI ke-24 ini ditandai dengan gala dinner di Tebing Kepuh.

Bekas tambang batu andesit ini disulap menjadi tempat festival light and sound yang menggabungkan teknologi dan seni, menampilkan komitmen Trenggalek terhadap pembangunan berkelanjutan dan kelestarian alam.



"Kita ingin tunjukkan ekonomi Trenggalek itu based on creativity, bukan based on eksplorasi yang di dalamnya termasuk tambang. Jadi ini sebagai simbol, bekas tambang disulap jadi tempat festival light and sound yang mengolaborasikan teknologi dan seni," kata Mas Ipin di Tebing Kepuh.

Sementara itu, Wahyu Haris Kusuma Atmaja selaku Vice President Pemasaran dari PLN Icon Plus menyampaikan bahwa kehadiran mereka di acara APKASI adalah untuk mendukung pemerintah daerah dalam pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan.

"Kami mendukung bagaimana pemerintah daerah agar bisa berkembang. Di sini, kami berfungsi sebagai fasilitator dan juga mentor untuk menghasilkan infrastruktur yang bagus. Kami juga akan menyiapkan strategi-strategi seperti pemasangan PLTS Atap dan instalasi karbon capture seperti baterai. Ini adalah salah satu strategi untuk meningkatkan energi hijau," ujar Wahyu Haris.

Acara gala dinner ini menjadi simbol komitmen Kabupaten Trenggalek dalam mengedepankan ekonomi kreatif dan kelestarian alam.

Dengan kehadiran para bupati dan tamu undangan dari berbagai daerah, gala dinner ini juga mempererat hubungan antar daerah dan membuka peluang kerjasama strategis di masa mendatang.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3486 seconds (0.1#10.140)