Kisah Aiptu Asron Dampingi Abu Bakar Baasyir, Mantan Napi Teroris Pimpinan JI

Senin, 10 Juni 2024 - 15:13 WIB
loading...
Kisah Aiptu Asron Dampingi Abu Bakar Baasyir, Mantan Napi Teroris Pimpinan JI
Aiptu Asron (paling kanan) mendampingi Ustaz Abu Bakar Baasyir dan keluarganya saat Pilpres 2024 lalu di Kabupaten Sukoharjo. Foto/Dok.Pribadi
A A A
SEMARANG - Aiptu Asron anggota Direktorat Intelijen dan Keamanan (Dit Intelkam) Polda Jateng selama bertahun-tahun "melekat" mendampingi sejumlah mantan narapidana terorisme (napiter).

Di antaranya tokoh kondang mantan pimpinan Jamaah Islamiyah (JI) Abu Bakar Baasyir (ABB) hingga mereka yang dulunya bergabung kelompok Jamaah Anshorut Daulah (JAD).



Dua kelompok itu punya karakteristik berbeda, sehingga perlu penanganan yang berbeda pula di lapangan.

Bekerja mendampingi para mantan napiter di wilayah Jateng punya dinamika sendiri di lapangan. Sebab, tak hanya mantan napiter saja yang didampingi, namun keluarganya juga tak luput harus pula mendapatkan perhatian.



Seringkali selain waktunya yang hampir 1x24 jam harus siaga, beberapa pekerjaan yang ada juga mau tak mau harus dilakukan “di luar panggilan tugas”. Bahkan, sampai melibatkan istri dan keluarga untuk upaya pendampingan kepada mereka, agar mereka tak kembali ke lingkaran kelompok lamanya.

“Prinsipnya bekerja di bidang ini harus ikhlas, humanis dan menyenangi pekerjaan ini,” kata Asron saat ditemui SINDOnews pekan lalu di Kota Semarang.


Dia menceritakan pengalamannya ketika sehari jelang Pilpres Rabu 14 Februari 2024 lalu. Selasa malam-malam, ponselnya berdering, Ustaz Abdurrahim Baasyir alias Ustaz Iim menghubunginya.

Intinya mengabarkan dia bersama keluarga dan sang ayah yakni Ustaz ABB akan ikut Pilpres di sekitar Ngruki, Kabupaten Sukoharjo.

“Subuh-subuh saya langsung meluncur ke sana, mendampingi beliau dan keluarganya,” sambungnya.

Tak jarang, Asron bercerita dia juga mendapatkan perlakuan “tidak mengenakan” dari para mantan napiter terutama dari mereka yang masih “merah” alias masih keras, penuh kebencian. Seperti disebut “thogut”. Namun, itu tak menyurutkan langkahnya tetap berusaha melayani mereka dengan baik.

Saat berbincang dengan MNC Portal, Asron tampak bervideo call dengan Yudi Zulfahri mantan napiter asal Aceh. Yudi sedang penelitian S-2. Mereka tampak akrab berbincang.

“Mas Yudi ini sedang penelitian, salah satunya di Jateng, saya bantu di lapangan ketika beliau kemari,” lanjutnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)
pixels