Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Jadi Siaga, Warga Diminta Waspada

Senin, 10 Juni 2024 - 14:39 WIB
loading...
Status Gunung Lewotobi Laki-Laki Naik Jadi Siaga, Warga Diminta Waspada
Status Gunung Lewotobi Laki-Laki naik dari Waspada (level II) ke Siaga (level III) pada Senin (10/6/2024) pukul 09:00 WITA. Foto/PVMBG
A A A
MAUMERE - Status Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), naik dari Waspada (level II) ke Siaga (level III) pada Senin (10/6/2024) pukul 09:00 WITA.

Peningkatan status Gunung Lewotobi Laki-Laki resmi disampaikan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi ( PVMBG ) setelah adanya kenaikan aktivitas vulkanik yang signifikan dalam beberapa hari terakhir.

Menurut laporan PVMBG, peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-Laki ini ditandai dengan peningkatan jumlah gempa vulkanik dalam, gempa vulkanik dangkal, serta gempa tremor dan gempa guguran yang terus-menerus terjadi.



Petugas Pos Gunung Lewotobi Laki-Laki, Herman Yoseph mengatakan, secara visual terdapat aliran lava ke arah timur laut cenderung stabil dan tidak ada pergerakan yang signifikan. Terdapat aliran lava yang mengalir sekitar 4.340 meter dari pusat kawah Gunung Lewotobi Laki-Laki.

PVMBG mengimbau agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-Laki dan pengunjung maupun wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius 3 km dari pusat erupsi. Kemudian sektoral 4 km pada arah utara - timur laut dan 5 km pada sektor timur laut.

Masyarakat juga diharapkan untuk tenang dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah setempat serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Kemudian mewaspadai potensi banjir lahar hujan pada sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Lewotobi Laki-Laki jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0998 seconds (0.1#10.140)
pixels