Jabar Saber Hoaks Gelar Kejar Tabayyun di STAI At-Taqwa, Lawan Hoaks Jelang Pilkada 2024

Sabtu, 08 Juni 2024 - 21:21 WIB
loading...
Jabar Saber Hoaks Gelar Kejar Tabayyun di STAI At-Taqwa, Lawan Hoaks Jelang Pilkada 2024
Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks menggelar Pelatihan Cek Fakta Mandiri Jabar Saber Hoaks di aula STAIA Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2024). Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BEKASI - Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks menggelar Pelatihan Cek Fakta Mandiri Jabar Saber Hoaks di aula Sekolah Tinggi Agama IsIam At-Taqwa (STAIA) Babelan, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2024).

Kegiatan tersebut untuk sosialisasi pentingnya melawan berita bohong atau hoaks terutama saat Pilkada Serentak 2024 melalui program Keliling Jabar Belajar Literasi Baik Asyik dan Fun (Kejar Tabayyun).



"Kegiatan ini sosialisasi kepada para mahasiswa dan pelajar dalam menggunakan media sosial (medsos) dan internet agar terhindar dari berita hoaks menjelang Pilkada Serentak 2024. Kami mengadakan literasi digital atau pelatihan cek fakta mandiri di lingkungan kampus dan sekolah," kata perwakilan Jabar Saber Hoaks Ganjar Darussalam.

Ganjar menyatakan, Jabar Saber Hoaks berkeliling ke-27 kabupaten/kota di Jawa Barat untuk menyosialisasikan kepada mahasiswa dan pelajar tentang bahaya hoaks menjelang Pilkada 2024.



"Ya, tahun politik 2024, tentu menjadi ladang bagi oknum tertentu yang ingin menyebarkan hoaks di media sosial. Tujuannya jelas untuk memecah belah persatuan bangsa," ujar Ganjar.

Dia menuturkan, Jabar Saber Hoaks juga akan merangkul pondok pesantren (ponpes) dan para ulama menjadi garda terdepan dalam melawan hoaks di internet dan medsos.



"Ya, terutama hoaks yang bernafaskan atau membawa unsur agama. Karena hoaks politik itu tidak sedikit berkaitan agama, dan agama dijadikan alat kepentingan bagi kelompok tertentu," tutur dia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)
pixels