Viral, Warga Gowa Diduga Gelar Ibadah Haji di Gunung Bawakaraeng

Rabu, 05 Juni 2024 - 17:03 WIB
loading...
Viral, Warga Gowa Diduga Gelar Ibadah Haji di Gunung Bawakaraeng
Sejumlah warga diduga menggelar rangkaian ibadah haji di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Foto/Bugma
A A A
GOWA - Rekaman video haji Gunung Bawakaraeng yang beredar di media sosial kini menjadi viral. Sejumlah warga diduga menggelar rangkaian ibadah haji di Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Video haji Gunung Bawakaraeng yang berdurasi 57 detik ini tersebar dan viral di media sosial. Dalam akun Instagram Makassar Info, warga diduga menggelar Haji Gunung Bawakaraeng sambil membawa sejumlah sesajen.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa yang mendengar kabar viral Haji Gunung Bawakaraeng akan melakukan pengecekan.



Rekaman video warga ini memperlihatkan sejumlah pria dan Perempuan turun gunung dengan melewati tebing diduga setelah menggelar rangkaian haji di Gunung Bawakaraeng.

Aksi berbahaya ini dilakukan oleh sejumlah warga karena diduga sebagai rangkaian ibadah haji yang harus dilalui saat berhaji di Gunung Bawakaraeng.

Beberapa tahun sebelumnya MUI Kabupaten Gowa bersama pemerintah Kecamatan Tinggimoncong sepakat untuk menutup jalur pendakian haji Gunung Bawakaraeng karena keluar dari ajaran agama Islam.

Namun belakangan diketahui haji Gunung Bawakaraeng diduga kembali dilakukan warga sekitar karena dianggap sebagai warisan leluhur.



Ketua MUI Kabupaten Gowa KH Abubakar Paka mengaku baru mendengar kabar haji Gunung Bawakaraeng kembali viral setelah melihat video yang beredar di media sosial. Video haji bawakaraeng yang viral ini pun baru ditelusuri kebenarannya oleh MUI setempat.

MUI Kabupaten Gowa berencana berkoordinasi dengan MUI kecamatan dan petugas Kecamatan Tinggimoncong untuk mencari kebenaran viralnya haji Gunung Bawakaraeng yang diduga menyesatkan.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)
pixels