Kebakaran Meluas, Helikopter Dikerahkan di Pulau Rangsang Riau

Senin, 18 Maret 2019 - 02:13 WIB
Kebakaran Meluas, Helikopter Dikerahkan di Pulau Rangsang Riau
Kebakaran Meluas, Helikopter Dikerahkan di Pulau Rangsang Riau
A A A
PEKANBARU - Petugas terus berjibaku melakukan pemadam kebakaran hutan dan lahan Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan, Riau. Agar segara teratasi, pihak pemkab meminta bantuan helikopter.

"Kita sudah mengajukan bantuan helikopter untuk melakukan operasi pemadaman dari udara di Desa Tanjung Medang," ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti Edy Aprizal Minggu (17/3/2019).

Dia mengatakan operasi pemadaman dari udara sangat dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran yang cukup besar. Tim darat mengaku kesulitan karena sumber air cukup jauh.

Selain di Desa Tanjung Medang, kebakaran juga mengarah ke Desa Wonosari. Kebakaran di Tanjung Medang berasal dari Desa Sungai Gayung Kiri. "Operasi water bombing dibutuhkan untuk memadamkan di kepala api (api yang besar),"imbuhnya.

Sementara itu satu unit unit helikopter sudah dikerahkan untuk memadamkan kebakaran Rangsang. Helikopter itu diberangkatkan dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. "Satgas Udara sudah mengirim satu unit helikopter jenis MI8 ke Pulau Rangsang. Untuk lebih jelasnya bisa ditanya ke Lanud," kata Kepala Penerangan Korem 031 Wirabima Mayor Bismark.

Selain di Meranti, kebakaran juga terjadi di Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kampar, Rokan Hilir Kota Pekanbaru dan Dumai. Provinsi Riau saat ini berstatus siaga darurat kabut asap. Kebakaran hampir menghanguskan 2000 hektare.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8755 seconds (0.1#10.140)