Desa Roomo Gresik Dapat Dana CSR Dari PT Smelting Rp1 Miliar

Kamis, 20 Agustus 2020 - 08:32 WIB
loading...
Desa Roomo Gresik Dapat Dana CSR Dari PT Smelting Rp1 Miliar
Perwakilan warga Desa Roomo menerima bantuan dana CSR dari PT Smelting. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Ada yang baru dalam pelaksanaan pemberian dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT Smelting kepada Desa Roomo, Gresik.

Inilah desa terdekat dari perusahaan peleburan dan pemurnian tembaga satu-satunya di Indonesia ini.

Jika biasanya CSR disalurkan Yayasan Sumur Giwang Roomo, kini dana pembangunan masyarakat dan lingkungan tersebut disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa).

"Desa Roomo merupakan wilayah terdekat yang banyak mendapat perhatian dari PT Smelting. Setiap tahun mendapat dana CSR untuk pengembangan masyarakat dan lingkungan sebesar Rp1 miliar rupiah setiap tahun," kata Direktur Bisnis dan Pemasaran Tatsua Inoue, Rabu (19/8/2020).

Acara penyerahan dana CSR tahun 2020 untuk Desa Roomo ini berlangsung di Gedung Parkir Subcon Lantai 2 PT Smelting, Gresik.

Acara itu dihadiri Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim, para tokoh masyarakat maupun tokoh desa Roomo. Dana CSR Rp1 miliar kepada desa Roomo ini sudah diberikan PT Smelting sejak tahun 2014.
Selama ini, dialokasikan untuk berbagai program kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lingkungan melalui Yayasan Sumur Giwang Roomo.

Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan peraturan-peraturan lainnya tentang hibah, maka dana CSR PT Smelting ke desa Roomo disalurkan lewat APBDesa.

Jumlah yang diserahkan sekarang senilai Rp571.382.000. Sedangkan yang sudah disalurkan sejak Januari sampai Agustus 2020 Rp428.618.000.

Inoe berharap, bantuan dana CSR PT Smelting untuk Desa Roomo ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kemajuan desa dan kesejahteraan warga. (Baca juga: Petrokimia Gresik Terapkan AKHLAK sebagai Tata Nilai Baru)

Juga bisa membangun kerukunan antara warga Desa Roomo tempat perusahaan penghasil katoda tembaga ini berdiri. (Baca juga: Ditinggal Perayaan 1 Muharam Gudang Pengolahan Plastik Terbakar)

“Penyerahan dana CSR ke Desa Roomo ini sempat tertunda karena pandemi COVID-19. Kita semua prihatin karena pandemi wabah Corona. Tapi kita yakin bisa bersama-sama menghadapinya," kata Inoue.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.2993 seconds (0.1#10.140)