Gunung Marapi Kembali Erupsi, Status Naik ke Level Siaga

Kamis, 30 Mei 2024 - 16:43 WIB
loading...
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Status Naik ke Level Siaga
Gunung Marapi di Sumatra Barat kembali mengalami erupsi pada Kamis (30/5/2024) pukul 13.04 WIB. Saat ini status Gunung berada pada Status Level III (Siaga). Foto/BNPB
A A A
TANAH DATAR - Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat kembali mengalami erupsi pada Kamis (30/5/2024) pukul 13.04 WIB. Saat ini status Gunung Marapi berada pada Status Level III (Siaga).

Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara ini sekitar 2 menit 2 detik.



Kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung berapi paling aktif di Sumatera ini.

Diketahui kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Dentuman pada erupsi kali ini terdengar sampai dengan Pos Pengamatan Gunung Marapi di Bukittinggi, Sumatera Barat.



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Marapi untuk selalu waspada.

Selain itu dilarang melakukan kegiatan dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah Verbeek) Gunung Marapi.



Masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah aliran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi dan waspada terhadap potensi risiko bahaya lahar yang dapat terjadi terutama saat terjadi hujan.

BNPB juga meminta masyarakat hendaknya memakai masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari dampak jika terjadi hujan abu.

Seluruh pihak agar menjaga suasana yang kondusif di masyarakat, tidak menyebarkan narasi bohong (hoaks), dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya. Masyarakat harap selalu mengikuti arahan dari pemerintah daerah.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)
pixels