Menparekraf Sandiaga Uni Puji Potensi Pariwisata di Sumatera Utara

Kamis, 30 Mei 2024 - 07:19 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uni Puji Potensi Pariwisata di Sumatera Utara
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan Sumatera Utara memiliki potensi kepariwisataan sangat besar. Khususnya Danau Toba yang bisa menjadi lokomotif kepariwisataan. Foto/SINDOnews/Wahyudi Aulia Siregar
A A A
MEDAN - Sumatera Utara (Sumut) memiliki potensi kepariwisataan yang sangat besar. Khususnya Danau Toba yang bisa menjadi lokomotif bagi pembangunan kepariwisataan secara menyeluruh di Sumut.

Namun selain keindahan alam, Sumatera Utara juga memiliki posisi geografis yang sangat strategis. Punya kekayaan alam yang melimpah serta budaya yang sangat kuat, yang sangat potensial mendukung kepariwisataan.



Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Solahudin Uno usai membuka Gelar Melayu Serumpun 2024 di Istana Maimun, Kota Medan, Rabu (29/5/2024) malam.

"Selain di Pariwisata, yang menarik dari Sumut ini posisinya sangat strategis, punya kekayaan alam dan juga budaya yang sangat kuat. Ada juga destinasi super prioritas Danau Toba yang sedang kita kembangkan," kata Sandiaga.

Sandiaga menyebut Indonesia saat ini telah berhasil menembus 20 besar dunia dari segi kepariwisataan. Salah satunya didukung oleh destinasi super prioritas yang ada, termasuk Danau Toba.

"Saya melihat Danau Toba bisa menjadi lokomotif bagi pembangunan kepariwisataan secara menyeluruh di Sumut," tukasnya.



Saat ini, kata Sandiaga, di Sumatera Utara ada sejumlah event kelas dunia. Belum lagi potensi MICE (Meeting, Incentive, Convention Exebition) yang akan dimaksimalkan lewat perhelatan Indonesia Malaysia Thailand Growth Triangle (IMT-GT).



"Di sini ada kejuaraan dunia balap perahu super cepat (F1Powerboat). Lalu kejuaraan dunia Aquabike, lomba lari trail terbesar di dunia Trail of The Kings serta event pendukung Orangutan Trail. Termasuk IMT-GT dan kegiatan-kegiatan MICE nya ini nanti akan terpusat di Sumatera Utara," jelas Sandiaga.

Sumatera Utara lanjut Sandiaga, juga memiliki potensi Sumber Daya Manusia yang baik. Putra-putri terbaik dari Sumatera Utara telah melanglangbuana ke seluruh nusantara, bahkan menjadi pemimpin nasional.

"SDM di Sumatera Utara sudah menjelajah nusantara. Putra-putri terbaik Sumatera Utara sudah menjadi pemimpin nasional dan SDM di sini mumpuni untuk membangun provinsi," tandasnya.
(shf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)
pixels