Amblas, Penampakan Akses Jalan ke Negeri Atas Awan Lebak Terputus

Rabu, 29 Mei 2024 - 11:14 WIB
loading...
Amblas, Penampakan Akses Jalan ke Negeri Atas Awan Lebak Terputus
Jalan Raya Cipanas - Warungbanten tepatnya di Desa Banjar irigasi, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten amblas. Foto: MPI/Fariz Abdullah
A A A
LEBAK - Jalan Raya Cipanas - Warungbanten tepatnya di Desa Banjar irigasi, Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten amblas, Rabu (29/5/2024). Alhasil, akses warga terputus.

Kondisi itu terjadi disebabkan intensitas hujan yang tinggi. Ruas jalan itu merupakan ruas aktif dan salah satu akses menuju wisata negeri di atas awan Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizki Pratama mengatakan kondisi kerusakan awal terjadi pada 18 Mei 2024. Amblas terjadi pada bagian bawah jalan.



”Itu awalnya sedikit pada 18 Mei dan masih bisa dilalui kendaraan. Kalau sekarang parah, kendaraan roda 4 sama sekali tidak bisa melintas,” kata Febby, Rabu (29/5/2024).

Menurut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Banten dalam hal penanganan. “Sudah koordinasi dan alhamdulilah direspon cepat untuk penanganannya. Sementara warga yang mau berwisata ke negeri di atas awan bisa via Cibeber,” tuturnya.



Sementara itu, Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Unit Pelaksana Teknis Daerah (ULTD) Pemeliharan jalan dan Jembatan Lebak Firman Zuliansyah mengatakan saat ini ruas jalan Cipanas - Warungbanten dalam tahap penanganan perbaikan karena amblas.

”Sedang dalam penanganan, kemaren kita baru pasang box culvert sebelah hari ini kita urug dlu sebelah lanjut pasang box culvert lagi supaya air dari saluran irigasi yangbambrol segera teralirkan,” kata Firman saat dihubungi.

Kendaraan yang melintas di jalan Cipanas - Warungbanten sampai saat ini dibatasi karena longsoran hampir memakan seluruh badan jalan. ”Sampai saat ini kendaraan masih bisa lewat sebelah buka tutup, kecuali kendaraan besar dan tonase berat,” tutupnya.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1059 seconds (0.1#10.140)
pixels