Kisah Kesultanan Banten Taklukkan Pajajaran setelah Tiga Kali Serangan Gigih

Kamis, 23 Mei 2024 - 06:14 WIB
loading...
Kisah Kesultanan Banten Taklukkan Pajajaran setelah Tiga Kali Serangan Gigih
Ilustrasi Kerajaan Pajajaran yang terkenal kuat berhasil ditaklukkan Kesultanan Banten. Foto/Ist/Museum AI Nusantara
A A A
Setelah melalui pertempuran sengit dan strategi cerdik, Kesultanan Banten akhirnya berhasil menaklukkan Kerajaan Pajajaran yang terkenal kuat. Kemenangan ini diraih setelah tiga kali melancarkan serangan besar-besaran, menunjukkan kegigihan dan tekad pantang menyerah Banten.

Kerajaan Pajajaran konon memiliki benteng pertahanan yang luar biasa kuat sehingga tidak mudah ditaklukkan. Maka tidaklah heran bila proses penaklukkan Pajajaran, setelah sekian raja pasca Prabu Siliwangi, turun tahta baru bisa sukses dilaksanakan.

Bahkan mereka harus meminta bantuan koalisi kerajaan Islam yakni Kerajaan Demak dan Cirebon, untuk penaklukkan Pajajaran. Di mana saat itu Banten berhasil dikuasai pasukan Demak dan Cirebon, atas petunjuk Syarif Hidayatullah akhirnya memindahkan pusat pemerintahan Banten Girang ke pelabuhan Banten dari pedalaman.

Banten begitu mempersiapkan dirinya untuk menyerang Pajajaran, pasukan sudah dilatih sedemikian rupa untuk menghadapi serangan sewaktu-waktu. Bahkan serangan Banten ke ibu kota Pakuan benar-benar dilakukan. Tetapi kuatnya benteng pertahanan Pajajaran yang dibangun sejak Sri Baduga Maharaja atau Prabu Siliwangi membuat pasukan Banten kembali dan mundur.



Catatan sejarah menuliskan ada tiga kali gelombang serangan Banten ke Pakuan, ibu kota Pajajaran. Serangan ini dilakukan saat masa pemerintahan Ratu Dewata, atau setelah Surawisesa lengser. Diperkirakan dari catatan sejarah serangan ini terjadi sekitar 1535 Masehi hingga 1543 Masehi yang membuat dua punggawa kerajaan gugur.

Serangan kedua terjadi saat pemerintahan Prabu Nilakendra sekitar tahun 1551 Masehi hingga 1567 Masehi. Dimana dikisahkan dalam suatu naskah "Alah prengrang mangka tan nitih ring kadat-wan" yang artinya kalah perang, karena itu tidak tinggal di keraton. Di mana saat itu berkat serangan dari pasukan Banten, Raja Nilakendra terpaksa melarikan diri dari istana ke sebuah wilayah di Sukabumi selatan.

Adapun serangan ketiga yang dinilai benar-benar membuat riwayat Kerajaan Pajajaran tamat saat Pajajaran dipimpin oleh Ragamulya. Di mana ia merupakan raja terakhir dari Pajajaran yang memerintah sekitar tahun 1567 hingga 1579 Masehi. Namun ia memindahkan pusat pemerintahan ke Pulasari, Pandeglang, bukan lagi di ibu kota Pakuan Pajajaran, yang berhasil dihancurkan Banten di serangan keduanya.

Tetapi pada akhirnya serangan Maulana Yusuf dari Kesultanan Banten membuat Kerajaan Pajajaran benar-benar luluh lantak. Sang Raja Prabu Ragamulya Suryakancana berhasil dibunuh oleh prajurit Banten di Pulasari, Pandeglang.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)
pixels