Demo 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Duduki Gedung DPRD Kota Malang

Selasa, 21 Mei 2024 - 18:32 WIB
loading...
Demo 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Duduki Gedung DPRD Kota Malang
Ratusan mahasiswa menggelar demonstrasi memperingati 26 tahun reformasi dan menduduki Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (21/5/2024). Foto/Deni Irwansyah
A A A
MALANG - Ratusan mahasiswa menggelar demonstrasi memperingati 26 tahun reformasi dan menduduki Gedung DPRD Kota Malang, Selasa (21/5/2024). Mahasiswa menguasai Gedung DPRD Kota Malang karena tak ada satu pun anggota Dewan yang menemui saat berdemonstrasi.

Massa mahasiswa juga membakar ban di depan gedung dewan. Mereka menyuarakan 26 tahun reformasi dengan keprihatinan karena KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme) justru merajalela.

Awalnya aksi 26 tahun reformasi ini berjalan kondusif. Mahasiswa mulai kesal karena tidak ada satupun anggota dewan yang menemui dan menerima aspirasi mereka.



Mahasiswa pun mulai memaksa masuk karena anggota dewan yang harusnya menjadi wakil rakyat justru tidak ada di gedung DPRD.

Beberapa mahasiswa mulai memanjat pagar tinggi gedung Dewan yang ditutup dan dijaga aparat kepolisian. Mereka kemudian masuk ke dalam halaman gedung DPRD, namun pintu masuk gedung dalam posisi ditutup.
Demo 26 Tahun Reformasi, Mahasiswa Duduki Gedung DPRD Kota Malang


Akhirnya setelah aksi berlangsung dua jam lebih, mahasiswa berhasil masuk ke dalam gedung Dewan. Di dalam gedung DPRD tidak ada satupun anggota Dewan yang menerima dan mahasiswa membacakan tuntutan mereka.

Dalam aksi ini ada 9 tuntutan mahasiswa, di antaranya penguatan kembali lembaga KPK, tolak revisi Undang-Undang Penyiaran, hingga menolak komersialisasi dan liberalisasi pendidikan.



Mahasiswa juga menyinggung soal UKT mahal yang menjadi sorotan dunia pendidikan tinggi akhir-akhir ini. Mereka meluapkan kekecewaan pada pemerintah yang disebut tidak ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1230 seconds (0.1#10.140)
pixels