Tingkatkan Partisipasi Warga Ikut Pemilu 2019, Warga Diberi Suvenir

Kamis, 07 Februari 2019 - 15:32 WIB
Tingkatkan Partisipasi Warga Ikut Pemilu 2019, Warga Diberi Suvenir
Tingkatkan Partisipasi Warga Ikut Pemilu 2019, Warga Diberi Suvenir
A A A
SEKAYU - Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mempergunakan hak suaranya pada pemilu 2019, Forum Komunikasi dan Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sungai Keruh, Musi Banyuasin, akan memberikan hadiah dan suvenir kepada penyelenggara dan pemilih.

"Ada tiga hal yang kami lakukan untuk peningkatan partisipasi pemilih di kecamatan ini. Pertama, kami akanberikan reward bagi tiga kepala desa dan ketua PPS dengan partisipasi pemilih tertinggi, kedua kita berikan reward bagi TPS dengan Design TPS terunik, terakhir kita akan berikansouvenir bagi setiap pemilih yang menggunakan hak pilihnya," ujar Camat Sungai Keruh, M Imron, usai membuka acara Sosialisasi dan Verifikasi Penyelenggara Pemilu dan Rekrutment KPPS, Kamis (7/2/2019).

Untuk mendapatkan suvenir, kata Imron, cukup dengan menunjukkan bukti jari yang telah ditandai atau dicelup tinta. Untuk mata pilih Sungai Keruh berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan KPU, yakni sebanyak 16.672 pemilih.

"Ini kami lakukan berkaca pada Pilgub 2017 lalu. Sebab, saat itu di Sungai Keruh partisipasi pemilih hanya mencapai 58,2%. Dengan adanya reward dan suvenir ini diharapkan dapat merangsang keinginan warga untuk menyalurkan hak pilihnya nanti," jelas dia.

Kapolsek Sungai Keruh, Iptu Ade Nurdin, mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan Forkopimcam dalam peningkatan partisipasi pemilu 17 April mendatang.

"Kami berikan support maksimal untuk peningkatan partisipasi pemilih," kata dia.

Ade mengatakan, pihaknya bersama TNI memastikan akan bersama-sama mengawal pelaksanaan pemilu agar dapat terselenggara dengan baik dan aman. "Kita juga berusaha menciptakan Kamtibmas di Kecamatan Sungai Keruh. Agar Pemilu terselenggara denga baik dan zero konflik dapat terus terlaksana di daerah kita ini," ucap dia.

Komisioner KPU Muba Divisi Teknis dan Penyelenggara, Khairul Anam, mengapresiasi apa yang dilakukanForkopimcam(Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan) Sungai Keruh. "Upaya ini perlu kita dukung bersama dan ini sangat membantu kami selaku penyelenggara pemilu," terang dia.

Bupati Muba Dodi Reza Alex, saat dihubungi mengatakan, pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Kabupaten Muba harus berjalan dengan baik, tertib dan aman dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi.

"Upaya yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sungai Keruh kami apresiasiasi dan kami instruksikan kiranya Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan lainnya di Musi Banyusian melakukan hal yang sama atau dengan ide kreatif lainya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan yang terpenting jalin terus komunikasi dengan baik jaga wilayah masing masing koordinasikan dengan penyelenggara pemilu dan Bawaslu dukung tugas mereka sesuai aturan yang berlaku," kata Dodi.

Dia menyerukan untuk segera lapor bila menemui kendala ke Forkopimda di tingkat Kabupaten Muba, sehingga setiap permasalahan dapat segera ditindaklanjuti dan menemukan solusi terbaik demi suksesnya pemilu.

Dodi menghimbau tokoh agama tokoh masyarakat tokoh pemuda di wilayah masing-masing untuk dapat membantu menyukseskan pemilu dan zero konflik.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4247 seconds (0.1#10.140)