Banjir Terjang Belasan Desa di Melawi Kalbar, Ratusan Rumah Terendam

Kamis, 09 Mei 2024 - 14:06 WIB
loading...
Banjir Terjang Belasan Desa di Melawi Kalbar, Ratusan Rumah Terendam
Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Melawi selama beberapa hari terakhir telah menyebabkan banjir di belasan desa yang tersebar di empat kecamatan. Foto/Ist
A A A
MELAWI - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Melawi , Kalimantan Barat (Kalbar) selama beberapa hari terakhir telah menyebabkan banjir di belasan desa yang tersebar di empat kecamatan. Kecamatan Menukung, Ella Hilir, Nanga Pinoh, dan Pinoh Utara menjadi wilayah yang paling terdampak.

Salah satu desa yang mengalami banjir cukup parah adalah Desa Siyai di Kecamatan Menukung. Hampir seratus rumah warga terendam air dengan ketinggian yang bervariasi. Sebagian warga telah mengungsi ke keluarga atau kerabatnya yang tidak terkena banjir, sementara sebagian lainnya memilih untuk tetap bertahan di rumah dengan mendirikan panggung darurat.

"Banjir ini telah menghambat dan melumpuhkan aktivitas warga setempat. Pemerintah Desa Siyai telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Melawi terkait upaya penanggulangan banjir," kata Kepala Desa Siyai, Siyento, Kamis (9/5/2024).



Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Melawi terus melakukan pendataan untuk mengetahui jumlah keseluruhan warga yang terdampak dan kerusakan infrastruktur akibat banjir.

BPBD bersama tim gabungan telah melakukan upaya darurat, termasuk monitoring air, mendirikan pos kesehatan bagi warga yang membutuhkan, dan pendistribusian bantuan sembako kepada warga terdampak. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban para korban banjir di Kabupaten Melawi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)