Buritan Bocor Dihantam Ombak, Penyebab Kapal Tug Boat Charly Tenggelam

Jum'at, 18 Januari 2019 - 21:12 WIB
Buritan Bocor Dihantam Ombak, Penyebab Kapal Tug Boat Charly Tenggelam
Buritan Bocor Dihantam Ombak, Penyebab Kapal Tug Boat Charly Tenggelam
A A A
BINTAN - Kapal Tug Boat (TB) Charly tenggelam karena buritan kapal bocor setelah dihantam ombak besar di sekitar Pulau Ngenang, Perairan Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Jumat (18/1/2019) pukul 17.30 WIB.

Kapal TB Charly yang menarik tongkang Anugerah Indah 14 bermuatan biosolar 250 ton itu berangkat dari Pertamina Tanjunguban, Bintan menuju Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Namun, baru satu jam berlayar sudah tenggelam.

"Penyebabnya (tenggelam) karena buritan kapal bocor setelah dihantam ombak. Setelah kita cek langsung situasi dalam keadaan aman terkendali,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi.

Budi mengatakan, kapal TB Charly berbobot 32 gross tonage milik PT CCM Kuala Enok. Kapal ini dinakhodai Mardiman dengan anak buah kapal (ABK) Riski Septian, Andi Mangkau, Sudirman dan Indra Rahmadan.

Kapal tenggelam karena buritan kapal TB Charly lepas terhantam ombak, sehingga air di buritan dan dalam kapal masuk dengan cepat. Selanjutnya para ABK kapal mengambil tindakan dengan memompa air. "Tetapi air begitu cepat masuk sehingga kapal TB Charly langsung tenggelam," kata Budi.

Terpisah, Kasatpolair Bintan AKP Suhardi menambahkan, kapal TB Charly menarik tongkang Anugerah Indah 14 dari Pertamina Tanjunguban mengalami kebocoran. Awak kapal telah berupaya memompa air supaya tidak tenggelam.

"Air masuk dari buritan sampai ke kamar mesin kapal yang mengakibatkan kapal tenggelam. Saat kebocoran ombak sedang besar," kata Suhardi.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4637 seconds (0.1#10.140)