alexametrics

Gempa Filipina, Belum Ada Laporan Kerusakan di Talaud

loading...
Gempa Filipina, Belum Ada Laporan Kerusakan di Talaud
Gempa 7,1 SR yang mengguncang wilayah Filipina, Sabtu (29/12/2018) terasa hingga wilayah Sulawesi Utara. Namun, belum ada laporan tentang kerusakan. Istimewa
A+ A-
MANADO - Gempa 7,1 SR yang mengguncang wilayah Filipina, Sabtu (29/12/2018) siang terasa hingga wilayah Sulawesi Utara. Namun, belum ada laporan tentang kerusakan.

Dandim 1312/Talaud Letkol ARM Gregorius Eka Setiawan ketika dihubungi via telepon mengatakan bahwa getaran gempa terasa sampai di Kabupaten Kepulauan Talaud, namun lemah atau kecil

"Untuk dampak, hingga saat ini belum memberikan dampak, baik terhadap infrastruktur maupun aktivitas masyarakat," ujar Dandim 1312/Talaud Letkol ARM Gregorius Eka Setiawan, Sabtu (29/12/2018).



Menurutnya, siituasi di Talaud sampai saat ini masih berjalan normal. Kondisi air laut pun terpantau normal. "Jajaran memberikan imbauan untuk tetap waspada kepada warga di wilayah," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono menjelaskan episenter atau titik gempa terletak pada koordinat 5,85 Lintang Utara dan 126,81 Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 201 kilometer arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara di kedalaman 69 kilometer.

Ditinjau lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Laut Filipina yang menghujam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina. Gempa ini dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina dalam skala intensitas V MMI.

Sementara itu, gempa juga dilaporkan dirasakan masyarakat wilayah Indonesia seperti di Melonguane, Kepulauan Talaud dalam skala intensitas IV MMI, Tahuna, Kepulauan Sangihe intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak