Update Kronologi Perseteruan HYBE vs Min Hee-jin, CEO ADOR yang Debutkan NewJeans

Jum'at, 26 April 2024 - 23:35 WIB
loading...
Update Kronologi Perseteruan HYBE vs Min Hee-jin, CEO ADOR yang Debutkan NewJeans
Kronologi perseteruan HYBE dan Min Hee-jin mulai terkuak di media pada 22 April 2024 dengan tuduhan kepada CEO ADOR tersebut. Foto/via Koreaboo
A A A
SEOUL - Perseteruan antara HYBE dan CEO ADOR Min Hee-jin terus memanas sejak pertama kali terkuak di media pada 22 April lalu.

ADOR adalah label musik di bawah HYBE, induk perusahaan dari label yang juga menaungi BTS, yaitu BigHit Music. Label yang baru dibentuk pada 2021 itu mendebutkan NewJeans pada 2022.

Yang menarik, NewJeans dibentuk berdasarkan hasil audisi Plus Global Audition 2019 hasil kerja sama antara HYBE dengan Source Music. Label ini diakuisisi HYBE pada tahun yang sama dengan tahun audisi diselenggarakan.



Meski diadakan oleh Source Music, tapi audisi ini berada di bawah kendali Min Hee-jin. Pada akhirnya seperti diketahui, NewJeans tidak debut di bawah Source Music, melainkan label baru ADOR dengan Min Hee-jin sebagai CEO-nya. Ini karena Min Hee-jin ingin memiliki label sendiri.

Min Hee-jin adalah nama yang populer dalam industri K-pop. Ia sebelumnya bekerja di SM Entertainment sejak 2002 hingga 2018, dan pindah ke HYBE pada 2019 dengan jabatan awal sebagai Chief Brand Officer HYBE.

Saat di SM Entertainment, ia bertanggung jawab menangani Girls' Generation, SHINee, f(x), EXO, dan Red Velvet sebagai direktur kreatif dan visual branding.

HYBE memegang 80% saham ADOR, sedangkan Min Hee-jin mendapatkan 18% saham. Sisa 2% diberikan kepada para eksekutif ADOR.

Kronologi Perseteruan HYBE vs Min Hee-jin


Catatan: Artikel ini akan terus diperbarui mengikuti perkembangan kasus.

22 APRIL 2024

1. HYBE Geledah Kantor ADOR


HYBE melakukan audit dan investigasi terhadap ADOR karena menduga dua eksekutif ADOR yaitu CEO Min Hee-jin dan pria yang disebut Mr. A (belakangan disebut VP L) membocorkan dokumen perusahaan untuk menarik investor eksternal dan mengambil alih ADOR dari HYBE.

Adapun VP L diduga memanfaatkan posisinya untuk memberikan sejumlah informasi internal HYBE kepada ADOR. VP L dikatakan adalah mantan akuntan publik bersertifikat, dan ia menjadi bagian dari tim yang berhubungan dengan para investor dalam Departemen Keuangan HYBE. Ia ditempatkan di ADOR mulai 2023.

2. HYBE meminta CEO Min Hee-jin Mengundurkan Diri

Tak hanya mengambil aset komputer ADOR untuk menemukan bukti-bukti atas dugaan pembocoran informasi penting perusahaan, HYBE juga meminta Min Hee-jin mengundurkan diri.

HYBE juga menegaskan bahwa ada dugaan Min Hee-jin ingin memisahkan ADOR dari HYBE. Mereka membocorkan informasi perusahaan HYBE, termasuk kontrak antara HYBE dan ADOR kepada investor baik dalam maupun luar Korea, konsultan investasi dari luar negeri, serta analis finansial.

Min Hee-jin dan rekannya juga dituduh melakukan manipulasi opini negatif terhadap para artis HYBE ke publik untuk menekan HYBE agar mau menjual saham mereka di ADOR.

Min Hee-jin juga dituduh membocorkan informasi privat para artis HYBE, termasuk foto para trainee, juga informasi kesehatan mereka.

3. Pembelaan Min Hee-jin


Dalamwawancara bersama Hankyung, Min Hee-jin menuduh HYBE melakukan plagiat NewJeans pada ILLIT, grup baru di bawah Belift Lab yang debut pada 25 Maret 2024, karena HYBE secara aktif ikut membantu membuat ILLIT.

Ia menuduh ILLIT meniru NewJeans dari gaya rambut, tata rias, kostum, koreografi, foto, video, dan acara-acara yang dihadiri NewJeans.

Min Hee-jin mengklaim ia ingin melindungi NewJeans dan membangun iklim yang sehat dalam budaya industri dan industri musik Korea. Ia juga menyatakan bahwa HYBE telah dibutakan oleh keinginan memperoleh keuntungan secara instan, dan melakukan peniruan konten budaya pop yang sukses tanpa malu.

Saat Min Hee-jin melakukan protes atas tindakan plagiat itu, HYBE tidak merespons sama sekali. Alih-alih, HYBE malah ingin menyingkirkan Min Hee-jin dengan tuduhan.

Ia juga menyatakan akan melakukan tindakan apa pun yang legal untuk melindungi kreativitas NewJeans.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)