Hebat, Bocah SD Ini Rayakan Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Lawu

Senin, 17 Agustus 2020 - 23:01 WIB
loading...
Hebat, Bocah SD Ini Rayakan Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Lawu
Fayyadh Qaishar Syafiq (12), siswa SD asal Tangerang, Banten berhasil merayakan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di puncak Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah. Foto/Ist
A A A
KARANGANYAR - Seorang siswa sekolah dasar (SD) asal Cipondoh, Tangerang, Banten berhasil merayakan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI di puncak Gunung Lawu , Karanganyar, Jawa Tengah. Fayyadh Qaishar Syafiq (12) murid SDIT Islamicity, Tangerang itu berhasil mencapai Puncak Hargo Dumilah Gunung Lawu dalam pendakian yang memakan waktu kurang lebih 12 jam, Senin (17/8/2020).

Rute pendakian ditempuh melalui Candi Cetho menembus kabut tebal dan cuaca yang cukup dingin. Tim pendamping yang ikut menemani Fayyadh, Febby Indrawan mengatakan, jalur Cetho dipilih karena pemandangan dan tantangan yang luar biasa. "Bisa ditempuh 10 sampai 12 jam dengan tantangan cuaca dingin berkisar 10 derajat dan pendakian yang cukup memakan waktu lama," katanya. (Baca juga: Unik, Begini Cara Pengungsi Rohingya Ikut Rayakan Kemerdekaan RI)
Hebat, Bocah SD Ini Rayakan Kemerdekaan RI di Puncak Gunung Lawu

Gunung Lawu yang mempunyai ketinggian mencapai 3.265 meter di atas permukaan laut (Mdp) ini bisa di tempuh melalui beberapa jalur. Di antara rute Cemoro Kandang, Cemoro Sewo, Jogorowo dan Candi Cetho ini. Pemerintah Daerah setempat menerapkan protokol kesehatan untuk para pendaki, yakni harus membawa masker, hand sanitizer, dan surat keterangan sehat. Selain itu setiap harinya kuota pendaki juga di batas hanya sekitar 350 orang di setiap pos. (Baca juga: PKB Siap Usung Gus Ipul-Adi Wibowo di Pilwali Pasuruan)

Dalam pendakian yang di mulai sejak pukul 06.00 WIB, Fayyadh mengaku senang karena bisa menjelajah alam di gunung yang terkenal mistis tersebut. "Apalagi melewati jalur pos Candi Cetho yang pemandangannya sangat indah dan penuh tantangan. Rutenya penuh tanjakan yang berliku dan cuaca yang dingin," ujarnya.

Di atas puncak Hargo Dumilah, Fayyadh yang merupakan putra dari Jaka Lelana, jurnalis yang hobi naik gunung tersebut mengibarkan bendera Merah Putih sebagai bentuk rasa syukur memperingati HUT Ke-75 Kemerdekaan RI. "Saya ingin semua anak Indonesia bisa menikmati keindahan gunung-gunung yang ada di tanah air," katanya.

Sebelumnya, siswa kelas 6 SD ini pernah mendaki di Gunung Ciremai, Gunung Gede, Gunung Kencana, Gunung Munara, Gunung Prau, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Puncak Lalana serta Gunung Batu. Fayyadh juga pernah menjelajah ke Gunung Uludag di Turki dan Gunung Soreak di Korea Selatan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3276 seconds (0.1#10.140)