TPNPB-OPM Benarkan Salah Satu Pimpinan Sayap Militer Mereka Tewas

Senin, 17 Agustus 2020 - 21:06 WIB
loading...
TPNPB-OPM Benarkan Salah Satu Pimpinan Sayap Militer Mereka Tewas
Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom.Foto/ist
A A A
JAYAPURA - Organisasi Papua Merdeka ( OPM ) yang mengklaim sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM sayap militer Organisasi Papua Merdeka, membenarkan salah seorang pimpinan mereka, Hengky Wamang, tewas.

Hengky tewas dalam operasi penegakan hukum oleh pasukan gabungan POLRI dan TNI yang tergabung dalam Satgas Nemangkawai 2020.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom yang tengah berada di Papua New Guinea dalam sambungan telepon internasional, Senin malam, membenarkan informasi tersebut.

(Baca juga: Duduki Markas KKB, Aparat Tembak Mati Hengki Manwang Pimpinan OPM Kalikopi )

Menurut Sebby, salah satu pimpinan mereka yakni Kepala Staf TPNPB-OPM KODAP III Kali kopi Timika Hengky Uawamang Tertembak dalam Operasi TNI-POLRI (Tim Nemangkawi)

Menurut Sebby, pada Minggu (16/8/2020) Tim Satgas Nemangkawi di Timika West Papua. Melakukan Penyergapan di Markas TPNPB-OPM Komando Daerah Pertahanan KODAP III Kali kopi Timika.

"Dalam Operasi Penyergapan yang di lakukan oleh TNI-POLRI dalam hal ini Tim Satgas Nemangkawi yang menjaga Aset Fital Perusahaan PT.FI Milik Amerika serikat ini, Telah menembak Mati Terhadap Kepala Staf Angkatan Darat TPNPB-OPM Komando Daerah Pertahanan KODAP III Kali Copi Timika Papua HENGKY UWAMANG." Jelas Sebby Sambom dalam sambungan telepon internasional, Senin (17/8/2020) malam tadi.

Sebby menuding, Operasi Militer TNI-POLRI ini di lakukan demi pengamanan Aset Fital Perusahaan milik Amerika Serikat di Timika West Papua.

(Baca juga: Bupati Asmat Pimpin Upacara HUT ke-75 Republik Indonesia )

"Laporan INI merupakan laporan resmi, dan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM mengumumkan ke publik. Pada kesempatan INI juga Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM mengakui bahwa salah satu Pimpinan TPNPB-OPM telah di tembak mati oleh Pasukan Indonesian yaitu TNI/Polri. Dan pada kesempatan INI juga Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM umumkan duka Nasional atas tertembaknya Seorang Perwira TPNPB-OPM atas Nama Hengky Wamang," ungkap Sebby.

"Dan berdasarkan protocol Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM Jubir TPNPB-OPM umumkan kepada publuk untuk diketahuinya. Demikian, laporan INI benar Dan Manajemen Markas Pusat Komnas TPNPB-OPM bertanggungjawab atas laporan TNI,"tambahnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6079 seconds (0.1#10.140)