Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh Total Tergenang Banjir, Motor Pemudik Mogok

Selasa, 09 April 2024 - 17:11 WIB
loading...
Jalur Pantura Pasuruan Lumpuh Total Tergenang Banjir, Motor Pemudik Mogok
Jalur pantai utara (Pantura) yang menghubungkan Surabaya - Probolinggo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, putus total terendam banjir, Selasa (9/4/2024). Foto/Jaka Samudra
A A A
PASURUAN - Jalur pantai utara (Pantura) yang menghubungkan Surabaya - Probolinggo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, putus total terendam banjir, Selasa (9/4/2024). Sejumlah motor pemudik mogok setelah mencoba menerobos banjir.

Banjir juga meredam puluhan ribu ribu rumah warga di Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan dan di Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Banjir merendam ruah warga dengan ketinggian bervariasi mulai dari 50 cm sampai 1 meter.

“Banjir terparah di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Kraton, ketinggiam air mencapai 1 meter,” kata Yusman, seorang warga.



Banjir terjadi akibat sungai welang meluap memutus jalan raya yang menghubungkan Surabaya-Probolinggo, tepat di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. Petugas Satlantas Polres Pasuruan terpaksa menutup sementara jalur sampai banjir surut.

Kendaraan roda 4 dari arah Surabaya dialihkan melalui Tol Gempol, sementara kendaraan dari Probolinggo dialihkan menuju Tol Sutojayan, Kota Pasuruan.

Untuk kendaraan roda dua dialihkan melalui Kecamatan Purwosari dengan rute lebih jauh. Meskipun begitu, ada beberapa pemudik nekat menerobos banjir sehingga motornya mogok.



Banjir terjadi karena intensitas hujan sangat tinggi sejak dua hari terakhir dan Sungai Welang tak dapat menampung debit air hujan hingga meluap ke permukiman warga. Meskipun banjir warga tidak mau mengungsi karena sudah menjadi langganan saat musim hujan tiba.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)