Jalur Mudik Padalarang Ramai Lancar, Volume Kendaraan Meningkat 30 Persen

Senin, 08 April 2024 - 20:22 WIB
loading...
Jalur Mudik Padalarang Ramai Lancar, Volume Kendaraan Meningkat 30 Persen
Arus lalu lintas pada H-2 di jalan arteri Padalarang terpantau ramai lancar. Volume kendaraan diperkirakan meningkat sekitar 30 persen dari hari biasa. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi upaya mitigasi arus mudik yang dilakukan berbagai pihak yang terlibat sehingga kondisi lalu lintas terpantau ramai lancar.

Hal itu diungkapkan Kapolres Cimahi, AKBP Aldi Subartono usai mendampingi kunjungan Bey Machmudin di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2024 di kawasan Simpang Tol Padalarang di Kabupaten Bandung Barat, Senin (8/4/2024).

Menurut dia, Bey juga senang atas tersedianya berbagai sarana dan fasilitas yang dapat diandalkan pemudik untuk beristirahat di tengah lelah perjalanan. Apalagi hari ini masih dalam kondisi berpuasa.



”Pak Penjabat Gubernur menyampaikan terima kasih kepada Polres Cimahi bersama Pemerintah Kabupaten Bandung Barat yang bisa memitigasi situasi sehingga masyarakat dapat mudik aman,” ucap Aldi.

Aldi mengatakan, fasilitas yang tersedia di Pos Mudik Padalarang di antaranya musala, area istirahat, dan kursi pijat refleksi. ”Di sini lengkap, ada masyarakat yang kelelahan kita berikan penanganan awal. Jadi pemudik jangan memaksakan kalau lelah,” ungkapnya.

Aldi mengungkapkan, pula bahwa arus lalu lintas pada H-2 di arteri Padalarang terpantau ramai lancar. Volume kendaraan diperkirakan meningkat sekitar 30 persen dari hari biasa.



Aldi mengatakan, sejumlah perangkat kerja seperti Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, PMI, BNPB, Satpol PP, relawan Pramuka, dan unsur lainnya turut bersiaga di Posko Terpadu Padalarang. ”Petugas tetap siaga mengantisipasi di ruas-ruas arteri di Padalarang,” ujarnya.

Aldi menyebut, pihaknya juga mengantisipasi kawasan wisata Lembang. Titik tersebut biasanya mengalami kepadatan pascalebaran. Biasanya, sebagian besar keluarga memanfaatkan waktu libur untuk berwisata.

Titik lainnya yang turut diantisipasi, yakni rest area KM 125 Tol Cipularang di saat arus balik lebaran.

”Pemudik melintas dari malam Minggu sampai hari ini. Alhamdulillah kita bisa mengurai dan memitigasi. Memang sempat ada kepadatan di Kota Cimahi karena masyarakat berbondong- bondong memenuhi kebutuhan Idulfitri seperti baju, bahan pangan,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0854 seconds (0.1#10.140)