75 Tahun Indonesia Merdeka, Masih Ada Daerah Tak Teraliri Listrik di Sumut

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:51 WIB
loading...
75 Tahun Indonesia Merdeka, Masih Ada Daerah Tak Teraliri Listrik di Sumut
Meski sudah 75 tahun Indonesia merdeka namun masih banyak masyarakat yang belum menikmati listrik. Seperti yang dirasakan puluhan kepala keluarga di Desa Naga Timbul, Deli Serdang, Sumatera Utara. Foto iNews TV/Said Ilham
A A A
DELISERDANG - Meski sudah 75 tahun Indonesia merdeka namun masih banyak masyarakat yang belum merasakan sepenuhnya arti kemerdekaan. Seperti yang dirasakan puluhan kepala keluarga di Desa Naga Timbul, Kabupaten Deli Serdang , Sumatera Utara yang hingga kini belum menikmati aliran listrik dari pemerintah. Untuk penerangan malam hari warga terpaksa menggunakan lampu teplok.
75 Tahun Indonesia Merdeka, Masih Ada Daerah Tak Teraliri Listrik di Sumut

Padahal kampung yang berlokasi di dekat perkebunan ini tak jauh dari pusat kota juga kantor pemerintahan dan kantor PLN karena hanya berjarak 15 kilometer. (Baca: Tulis Perselingkuhannya di Medsos, Anggota DPRD Pidanakan Anak ke Polisi)

Tiap malam warga desa setempat merasakan gelap gulitanya kampung mereka tanpa ada penerangan dari listrik negara. Hanya segelintir warga yang mampu saja dapat menikmati aliran listrik itu pun dengan menggunakan alat genset. Sementara sebagian besar warga terpaksa menggunakan lampu teplok atau lampu minyak sebagai alat penerangan.
75 Tahun Indonesia Merdeka, Masih Ada Daerah Tak Teraliri Listrik di Sumut

Wagiran warga setempat mengaku sudah berulang kali mereka mengajukan kepada pihak PLN Tanjung Morawa maupun pemerintah setempat agar kampung mereka dapat aliran listrik dari negara. (Baca juga: Aksi Teror di Rumah Bupati Kediri Diduga Bertujuan Membenturkan NU)

Namun upaya warga selalu sia-sia mereka selalu diberi harapan dan janji akan dipasang aliran listrik tetapi tidak pernah terealisasi. PLN Tanjung Morawa sendiri, kata dia, beralasan infrastruktur menjadi kendala mereka untuk memasukkan aliran listrik ke desa tersebut.

Hal yang sama disampaikan Sutar Saragih warga Desa Naga Timbul. Dimana warga hanya pasrah meski terus diberi harapan dan janji. “Kita berharap arti kemerdekaan yang dirasakan masyarakat lainnya di bumi pertiwi dapat juga dinikmati oleh kami. Karena sejak kemerdekaan dulu hingga tahun 2020 ini kita juga belum menikmati aliran listrik dari pemerintah,” ujarnya.

Hingga berita ini diturunkan MNC Media belum mendapat konfirmasi instansi terkait soal belum dipasangnya aliran listrik ke lokasi tersebut.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.2025 seconds (0.1#10.140)