Pemudik Waspada! Ini Titik Rawan Kemacetan dan Bencana di Kabupaten Malang

Kamis, 04 April 2024 - 14:06 WIB
loading...
Pemudik Waspada! Ini Titik Rawan Kemacetan dan Bencana di Kabupaten Malang
Gerbang Tol Singosari rawan macet di masa arus mudik balik lebaran 2024. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Pemudik yang akan melintasi Kabupaten Malang diimbau untuk waspada terhadap potensi kemacetan dan bencana alam. Titik-titik ini tersebar mulai dari sisi utara, tengah, hingga di kawasan selatan yang menjadi jalur wisata ke beberapa pantai di selatan Kabupaten Malang.

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta mengatakan, mengantisipasi adanya kemacetan hingga hal-hal yang tidak diinginkan pihaknya telah menyiapkan sejumlah skema di tiga sisi, baik dari sisi utara, tengah, dan selatan. Dimana dari sisi utara Kabupaten Malang pada, dimulai dari kawasan Kecamatan Lawang, yang menjadi pintu masuk dari Kabupaten Pasuruan.

"Kita ada satu pos pengamanan di Lawang, berada di depan Pasar Lawang. Ini mengantisipasi adanya kemacetan yang diakibatkan lonjakan aktivitas masyarakat di Pasar Lawang, menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini bisa mengakibatkan perlambatan arus kendaraan, sehingga perlu intergensi dan ditempatkan petugas di sana," ungkap Adis Dani Garta, saat pemaparan skema mudik ke media, pada Kamis (4/4/2024).

Titik berikutnya yang disebut Adis sering terjadi kemacetan lalu lintas berada di arah Gerbang Tol (GT) Singosari, dari pengendara yang berasal dari Surabaya. Kemacetan lalu lintas (lalin) juga biasanya terjadi di traffic light Simpang Empat Karanglo, terutama bagi pengendara yang akan menuju Kota Batu melalui Jalan Raya Karanglo.



"Maka ketika terjadi peningkatan arus kendaraan ke arah Gerbang Tol Karanglo, akan kami alihkan menuju Exit Tol Pakis dan Madyopuro, Kota Malang, nanti berkoordinasi dengan Polresta Malang. Kemudian yang ke arah Kota Batu, kami tempatkan petugas dari tim urai, untuk mengatur dan merekayasa lalin," jelasnya.

Berikutnya ke arah Jalan Raya Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, dimana itu ada dua persilangan, yakni persilangan di masjid kembar dan satu titik di persilangan Kepuharjo. Petugas juga akan disiagakan di lokasi untuk mengatur arus lalin.

"Di situ juga ditempatkan adanya Pos Pengamanan Kepuharjo, yang ditempatkan di Bluder Kapas. Itu nanti akan memonitor peningkatan lalu lintas hingga ke Simpang Tiga Karangploso, bagi pengendara yang menuju ke wilayah Kota Batu," paparnya.

Selain itu ada beberapa jalur alternatif, yang dikhususkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat di Jalan Atletik, hingga beberapa jalan alternatif lainnya yang keluarnya menuju ke arah Simpang Empat Arhanud. Skema rekayasa lalu lintas juga bakal diberlakukan di jalur ini mengantisipasi kemacetan lalu lintas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3860 seconds (0.1#10.140)