Ngeri! Komodo Gigit Pencari Madu di Pulau Rinca, Lengan dan Kaki Luka Berat

Rabu, 03 April 2024 - 10:30 WIB
loading...
Ngeri! Komodo Gigit Pencari Madu di Pulau Rinca, Lengan dan Kaki Luka Berat
Romansyah digigit Komodo (Varanus komodoensis) di kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto/Istimewa
A A A
MANGGARAI BARAT - Seorang warga lokal bernama Romansyah digigit Komodo (Varanus komodoensis) di kawasan Taman Nasional (TN) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pria asal Pulau Komodo tersebut diterkam hewan purba itu saat tengah mencari madu hutan di Loh Linggo, Pulau Rinca, kawasan TN Komodo pada Selasa (2/4/2024) sore.

Kepala Kantor Basarnas Maumere, Supriyanto Ridwan mengungkapkan, korban luka serius pada tangan dan kaki akibat gigitan tersebut. ”Kondisi korban dalam keadaan lemas serta terdapat luka akibat gigitan komodo di lengan tangan dan kaki korban,” ucap Ridwan, Rabu (3/4/2024).



Tim SAR Gabungan, langsung terjun ke lapangan usai mendapat informasi dari anggota Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Labuan Bajo.

Ridwan menuturkan, Tim SAR Gabungan menuju lokasi menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB) Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi dengan emergency kit dan tandu.



”Pukul 19.00 ITA Tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian dan korban segera dievakuasi dari sekoci TNK Komodo menuju RIB Pos SAR Manggarai Barat,” ujarnya.

Korban lebih lanjut dievakuasi Tim SAR Gabungan ke Rumah Sakit (RS) Siloam Labuan Bajo. Korban tiba di RS tersebut sekitar pukul 21.00 WITA.Romansyah bukanlah warga lokal pertama yang menjadi korban gigitan hewan buas tersebut di kawasan TN Komodo.

Sebelumnya, pada tahun 2023 ada 3 warga lokal yang menjadi korban. Ketiganya digigit dalam rentang waktu hanya sebulan, 2 Oktober-1 November 2023.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2602 seconds (0.1#10.140)