Ngeri! Beruang Mangsa Kambing Milik Mantan Anggota DPRD di Lampung Barat

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:13 WIB
loading...
Ngeri! Beruang Mangsa Kambing Milik Mantan Anggota DPRD di Lampung Barat
Gempar serangan beruang memangsa kambing milik warga di Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Foto/Istimewa
A A A
LAMPUNG BARAT - Konflik antara satwa liar dan manusia di Lampung Barat kembali menjadi sorotan. Sebelumnya warga setempat diresahkan keberadaan harimau dan gajah, kini muncul dugaan baru terkait serangan beruang yang memakan kambing milik warga di Kecamatan Suoh.

Peristiwa mengerikan ini terjadi di permukiman warga Pemangku Kalibata, Pekon Sukamarga, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, Jumat 29 Maret 2024, menambah daftar panjang konflik satwa liar di wilayah tersebut.

Pembina Satgas Lembah Suoh dan BNS Lampung Barat Sugeng Hari Kinaryo Adi mengatakan, binatang buas yang belum diketahui pasti jenisnya ini telah merusak dinding rumah dan memangsa dua ekor kambing milik seorang warga bernama Jaswadi.



“Kambing milik Pak Jaswadi yang berada di permukiman, tepatnya di depan rumah Pak Sukur, mantan anggota DPRD, menjadi korban,” ungkap Sugeng, Sabtu (30/3/2024).

Kejadian ini menambah ketegangan di kalangan masyarakat Lampung Barat yang sebelumnya sudah diresahkan oleh keberadaan harimau dan gajah. Meskipun belum dapat dipastikan identitas satwa tersebut, bukti yang ada menunjukkan kuatnya dugaan bahwa pelakunya adalah beruang.

Hal ini didasarkan pada pengamatan terhadap jenis makanan yang dikonsumsi oleh satwa liar tersebut, termasuk minyak goreng dan garam. “Kami bersama dengan pihak terkait sedang mencari jejak untuk memastikan jenis binatang tersebut,” lanjutnya.



Kejadian ini menyoroti pentingnya upaya konservasi dan manajemen konflik satwa liar, yang menjadi tantangan besar di Lampung Barat dan daerah lainnya yang berbatasan dengan habitat satwa liar.

Warga dan pemerintah setempat berharap agar solusi jangka panjang dapat segera ditemukan untuk mengatasi konflik ini, demi keamanan warga dan pelestarian satwa liar.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2215 seconds (0.1#10.140)