Blitar Geger, Mortir Diduga Aktif Ditemukan di Almari Janda TNI AD

Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:02 WIB
loading...
Blitar Geger, Mortir Diduga Aktif Ditemukan di Almari Janda TNI AD
Sebuah peluru jenis mortir ditemukan di dalam almari milik Sugiyanti (80) warga Kelurahan Bendogerit, Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (29/3/2024). Foto/Ist
A A A
BLITAR - Sebuah peluru jenis mortir ditemukan di dalam almari milik Sugiyanti (80) warga Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (29/3/2024).

Sugiyanti diketahui seorang pensiunan dan juga janda almarhum Pelda Purn Koernen, purnawirawan TNI Angkatan Darat (AD).



Peluru mortir berukuran panjang 26 cm dan diameter 5 cm itu ditemukan Sugiyanti saat bersih-bersih isi almari.

“Yang bersangkutan langsung memberitahukan penemuan mortir itu kepada menantunya,” ujar Kasubsi Humas Penmas Polres Blitar Kota Aipda Supriadi kepada wartawan Jumat (29/3/2024).

Penemuan mortir yang diduga aktif itu sontak membuat heboh. Oleh si menantu, mortir yang diduga masih aktif itu kemudian dipindah ke atas meja ruang tamu.

Penemuan itu selanjutnya dilaporkan ke Babinsa dan Babinkamtibmas. Petugas Polsek Sananwetan yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi sekaligus memasang police line.



Tim Subden Jibom Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Jatim yang kemudian datang, langsung melakukan evakuasi.

Mortir diduga peninggalan mendiang Pelda Purn Koenen, suami pemilik rumah. Almarhum diketahui berdinas terakhir di Kodim 0808 Blitar dan meninggal dunia pada tahun 2015.

Sebelum evakuasi dilakukan, Tim Jibom yang terdiri dari tiga personil lebih dulu menyisir semua tempat dan hasilnya dinyatakan steril. Petugas langsung membawa mortir ke markas Yonif 511 untuk diledakkan di lapangan tembak.

“Mortir yang diduga aktif itu dievakuasi ke Batalyon 511 dan dilakukan disposal (peledakan),” pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4739 seconds (0.1#10.140)