Ini Titik Rawan Macet di Malang saat Lebaran 2024, Pemudik Diminta Waspada!

Jum'at, 29 Maret 2024 - 19:07 WIB
loading...
Ini Titik Rawan Macet di Malang saat Lebaran 2024, Pemudik Diminta Waspada!
Kemacetan di Jalan Ahmad Yani Malang dan kawasan Alun-alun Kota Malang. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
MALANG - Pemudik yang akan memasuki Kota Malang diimbau untuk mewaspadai sejumlah titik rawan kemacetan selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang, Widjaja Saleh, menyebutkan beberapa titik yang perlu diwaspadai, antara lain Jalan Ahmad Yani dari simpang tiga Malang Creative Center (MCC) hingga simpang tiga Masjid Sabilillah, termasuk Simpang Tiga Dinoyo).

Kemudian kawasan Stasiun Malang Kota Baru (Sisi timur di Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan Gatot Subroto); Pintu masuk Malang dari utara (Jalan Raya Karanglo hingga Jalan Ahmad Yani); Pintu keluar Tol Malang (Mulai dari Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Danau Toba, hingga Jalan Ranugrati).



Widjaja menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan Satlantas Polresta Malang Kota untuk melakukan rekayasa lalu lintas di titik-titik tersebut, seperti contraflow dan pengalihan arus.

"Contraflow di Ahmad Yani situasional, begitu juga di exit Tol Singosari. Kalau penuh, yang mau ke Batu ditutup dan diarahkan ke Kota Malang, keluar di Tol Madyopuro," ujar Widjaja.

Rekayasa lalu lintas juga akan diterapkan di Jalan Jenderal Sudirman depan Stasiun Malang Kota Baru sisi timur, tergantung situasi di lapangan.

Di pintu keluar Tol Madyopuro, Widjaja mengatakan pihaknya telah menyiapkan skema tiga jalur untuk pemudik yang akan masuk ke Kota Malang, melintas ke Kabupaten Malang ke selatan, atau ke Kota Batu.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Aristianto Budi Sutrisno menuturkan, pihaknya telah menyiagakan 299 personel untuk mengantisipasi lonjakan lalin jelang Lebaran.

"Kita tidak bisa berbicara masalah Malang kota sendiri, tetapi rata-rata para pemudik, tujuan dan destinasinya adalah destinasi wisata. H+ pada setelah lebaran, mereka akan melaksanakan wisata ke Batu," kata Aristianto.

Ia memperkirakan, titik kepadatan lalu lintas berada di pintu keluar Tol Singosari, Malang, baik yang akan mengarah ke Kota Malang maupun ke Kota Batu, melalui kawasan Karanglo, Kecamatan Singosari.

"Di sana kita sudah menyiapkan pola rekayasa lalu lintas bila terjadi kepadatan, akan dilaksanakan pengalihan ke Malang Kota. Nanti di Malang Kota akan kita laksanakan pola-pola penutupan barrier, di (Perumahan Graha) Kencana, dan kita lakukan pengamanan di pos MCC," tukasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)