Pastikan Keamanan Pemudik, Dishub Bandung Inspeksi Angkutan Lebaran 2024

Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:35 WIB
loading...
Pastikan Keamanan Pemudik,...
Dishub Kota Bandung menggelar inspeksi keselamatan atau ramp check di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024 demi keamanan dan kenyamanan pemudik Lebaran 2024. Foto/Ilustrasi/dok
A A A
BANDUNG - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memastikan kenyamanan dan keamanan para pemudik menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri 2024.

Pelaksana Harian Kepala Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, pihaknya akan menggelar inspeksi keselamatan atau ramp check di Terminal Leuwipanjang dan Terminal Cicaheum pada 3-18 April 2024.

Pengawasan akan diperketat di pool bus Kota Bandung sejak 27 Maret hingga 2 April 2024. Selain itu, sebanyak 706 personel disiagakan untuk memantau operasi angkutan lebaran yang akan dilaksanakan pada H-7 hingga H+7 Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.



”Kendaraan angkutan lebaran harus memenuhi aspek laik jalan dan laik operasional. Laik jalan artinya kendaraan tersebut layak untuk membawa penumpang. Laik operasi artinya surat-surat dan aspek administrasi juga layak untuk membawa penumpang,” ucap Asep, Jumat (29/3/2024).

Pada tahap awal inspeksi keselamatan, Asep memastikan sejauh ini kendaraan angkutan lebaran di Kota Bandung masih memenuhi dua aspek kelaikan tersebut. Ia memastikan proses ini akan terus berjalan guna memberi rasa aman dan nyaman bagi pemudik.

Asep menekankan, ada empat faktor yang dapat menimbulkan kecelakaan menonjol angkutan lebaran. Antara lain aspek kendaraan, pengemudi, jalan, serta cuaca.

”Jangan sampai terjadi kecelakaan menonjol. Sekecil apapun ada faktor ketidaklaikan jalan maupun operasional, itu tidak akan kami loloskan,” ungkapnya.



Di sisi lain, Asep menyoroti persiapan para petugas untuk menjaga lalu lintas Kota Bandung. Sebanyak 500 personel Dishub akan dikerahkan di 10 pos penjagaan serta 38 potensi titik kemacetan selama libur Idulfitri 1445 Hijriah.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)