Kabupaten Bandung Diguncang Gempa 3,4 SR, Akibat Sesar Lokal

Minggu, 16 Agustus 2020 - 10:44 WIB
loading...
Kabupaten Bandung Diguncang Gempa 3,4 SR, Akibat Sesar Lokal
Kabupaten Bandung Diguncang Gempa 3,4 SR, Akibat Sesar Lokal. Foto/Ist
A A A
BANDUNG - Wilayah Artapela, Kabupaten Bandung , Jawa Barat dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 3,4 skala richer pada pukul 09:12:30 WIB, Minggu (16/8/2020).

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3.4. Episenter terletak pada koordinat 7.26 LS dan 107.7 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 3 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas sesar lokal wilayah setempat," kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Artapela, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung dengan Skala Intensitas IV MMI.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. (Baca juga: Wisata di Bandung dapat Diskon, Yuk Pakai Tema Kemerdekaan)

Hingga pukul 09:45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). (Baca juga: Puluhan Pegawai-Anggota Dewan Positif COVID-19, Gedung DPRD Jabar Lockdown)

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1612 seconds (0.1#10.140)