Kisah Sunan Bonang Taklukkan Jin Abdi Dalem Raja Jayabaya Penjaga Gunung Kelud

Rabu, 27 Maret 2024 - 08:21 WIB
loading...
Kisah Sunan Bonang Taklukkan Jin Abdi Dalem Raja Jayabaya Penjaga Gunung Kelud
Sunan Bonang menjadi satu dari sembilan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Foto/Ist
A A A
KEDIRI - Sunan Bonang menjadi satu dari sembilan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Sosok Sunan Bonang konon juga memiliki cerita-cerita dan kisah akan karamah kesaktiannya.

Bahkan karena kesaktiannya inilah menjadikan senjata utama menghadapi lawan-lawannya. Suatu ketika konon Sunan Bonang tengah berdakwah menyebarkan agama Islam di pedalaman Kediri. Wilayah itu konon susah ditaklukkan karena kuatnya pengaruh agama Hindu dan Buddha-nya.

Alhasil Sunan Bonang mencoba menyebarkan agama Islam dengan cara yang agak ekstrem.Ketika menyebarkan agama Islam di Kediri inilah konon Sunan Bonang kerap mendapat tentangan dari rakyat Kediri.

Sebagaimana dikutip dari "Sunan Bonang Wali Keramat: Karomah, Kesaktian, dan Ajaran - Ajaran Hidup Sang Waliullah" karya Asti Musman, hal ini membuat Sunan Bonang mengubah aliran Sungai Brantas.



Perubahan aliran Sungai Brantas ini atas izin Allah, lantaran banyak masyarakat di Kediri yang enggan menerima dakwah islam. Hasilnya kesaktian dan karomah Sunan Bonang membuat aliran Sungai Brantas ini bisa dikendalikan oleh putra Sunan Ampel ini.

Konon Sunan Bonang menjadikan beberapa daerah di Kediri kekurangan air. Tapi sebagian wilayah lainnya justru mengalami banjir, sehingga pertanian masyarakat gagal panen. Saat itu, konon Sunan Bonang mendapat perlawanan dari masyarakat.

Perlawanan itu berupa perdebatan maupun pertarungan fisik. Perlawanan ini digerakkan oleh beberapa tokoh yang merupakan bagian dari Kerajaan Kediri.

Di antara lawan Sunan Bonang di Kediri adalah Ki Buto Locaya dan Nyai Plencing, yang merupakan tokoh - tokoh penganut ajaran Bhairawa - Bhairawi di daerah Kediri. Nyai Plencing merupakan seorang Bhairawi penerus ajaran ilmu Hitam Calon Arang.

Adapun Buto Locaya konon adalah salah satu dari dua abdi dalem Prabu Jayabaya. Nama aslinya adalah Kyai Daha. Raja Jayabaya memiliki dua abdi yaitu Kyai Daha dan Kyai Daka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7090 seconds (0.1#10.140)