Legenda Prabu Jayabaya, Raja Kediri Titisan Dewa Wisnu Peramal Sakti dari Abad ke-12

Rabu, 27 Maret 2024 - 06:17 WIB
loading...
Legenda Prabu Jayabaya, Raja Kediri Titisan Dewa Wisnu Peramal Sakti dari Abad ke-12
Potret Penguasa Kerajaan Kediri Jayabaya versi AI. Foto/AI Nusantara
A A A
KEDIRI - Penguasa Kerajaan Kediri Jayabaya konon digambarkan sebagai titisan Dewa Wisnu. Hal ini dikarenakan sosoknya yang kuat, gagah, dan berwibawa, menjadi alasan bagaimana sosoknya digambarkan naskah kuno Kakawin Bharatayudha menyerupai titisan Dewa Wisnu.

Kebetulan saat itu di Panjalu, pemujaan Dewa Wisnu sedang memuncak.Semua raja Panjalu adalah titisan Dewa Wisnu. Dalam Prasasti Ngantang dan Prasasti Talan, Raja Jayabhaya sendiri dikatakan Madhusudana awatara atau titisan Wisnu.

Pada Bharatayuda pupuh 52/4, Raja Jayabhaya juga disamakan dengan titisan Wisnu, yakni Bhatara Kresna.Dijelaskan pada naskah kuno tersebut bagaimana momen Bhatara Wisnu melihat keadaan Pulau Jawa.

Karena iba hatinya, lalu ia turun ke dunia untuk menjadi raja di Jawa demi keamanan dan kesejahteraan kerajaan.



Dahulu, Bhatara Kresna sebagai titisan Dewa Wisnu berjaya gilang-gemilang dalam peperangan. Sekarang, yang menjadi sesembahan semesta alam ialah Bhatara Jayabhaya, ia melanjutkan tugas Bhatara Kresna.

Kakawin Bharatayudha juga menyinggung peranan Bhatara Kresna, ditonjolkan dari awal sampai akhir. Konon sosoknya memegang peranan penting sebagai pelaku utama. Semua kemenangan di pihak Pandawa dicapai berkat nasihat Bhatara Kresna.

Dikutip dari "Tafsir Sejarah Negarakretagama", dari sejarawan Prof. Slamet Muljana, disebut bahkan kemenangan Arjuna dalam perang melawan Karna juga dicapai berkat kebijaksanaan Bhatara Kresna.

Penonjolan peranan Kresna ini bertalian erat dengan pemujaan Dewa Wisnu yang sedang berkembang di Kerajaan Panjalu. Di Kakawin Bharatayudha pupuh 1/1-2 menguraikan persajian yang dilakukan oleh sang pahlawan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)