Gempa Bumi di Kepulauan Talaud Tidak Berpotensi Tsunami

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 19:15 WIB
loading...
Gempa Bumi di Kepulauan Talaud Tidak Berpotensi Tsunami
Wilayah Kepulauan Talaud diguncang gempabumi tektonik, Sabtu (15/8/2020) pukul 18.53.19 WITA. FOTO: IST
A A A
MANADO - Wilayah Kepulauan Talaud diguncang gempa bum i tektonik, Sabtu (15/8/2020) pukul 18.53.19 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update M=5,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4.58 LU dan 125.71 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 110 km Timur Laut Tahuna – Kep Sangihe , Sulawesi Utara pada kedalaman 125 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono menjelaskan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi pada Lempeng Laut Maluku bagian utara.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique thrust fault).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,"ujarnya.(Baca juga : Gempa 5,3 SR Guncang Laut Maluku Dirasakan hingga Manado )

Hingga pukul 19.17 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan ( aftershock). "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Masyarakat juga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,"pungkasnya.(Baca juga : Miris, Video Ayah Aniaya Anak Sendiri Viral di Manado )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)