Gempa 5,3 SR Guncang Laut Maluku Dirasakan hingga Manado

Rabu, 12 Agustus 2020 - 18:55 WIB
loading...
Gempa 5,3 SR Guncang Laut Maluku Dirasakan hingga Manado
Wilayah Maluku Utara diguncang gempa tektonik, Rabu, (12/8/2020) pukul 18.26.22 Wita. Foto SINDOnews/Cahya S
A A A
MANADO - Wilayah Laut Maluku dan Maluku Utara diguncang gempa tektonik, Rabu, (12/8/2020) pukul 18.26.22 Wita. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan kekuatan 5,2 Skala Richter (SR). Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,45 LU dan 126,44 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 122 km arah Barat Kota Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara pada kedalaman 44 km.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault).

Kata dia, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Pulau Mayau, III-IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ), Ternate II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Bitung, Tomohon, dan Manado II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). (Baca juga: Pemulung Mencuri di Rumah Mewah, Sebagian Uang Curian Dibagikan ke Fakir Miskin)

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Hingga hari Rabu, 12 Agustus 2020 pukul 18.47 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). (Baca : Pengantin Wanita Dievakuasi karena Rumahnya Terendam Banjir 1 Meter)

Meski demikian, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.
(sms)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4309 seconds (0.1#10.140)